Ragam Bahasa

Berbicara tentang ragam bahasa, setiap pembicara menggunakan suatu ragam bahasa. Ragam demikian disebut idiolek dan dialek.
  1. Berdasarkan pemakaiannya.
    a. Ragam dari sudut pandangan bidang.
    Ragam dari sudut pandangang bidang atau pokok persoalan berhubungan dengan profesi, kegemaran, dan pengalamannya. Bidang yang dimaksudkan itu, misalnya, agama, politik, ilmu, teknologi, pertukangan, seni rupa dan seni sastra, olahraga, dan lainnya.

    b. Ragam bahasa menurut sarana/ medianya.
    Ragam bahasa menurut sarananya dibagi 2 :
    -Lisan atau ujaran
    -Tulisan

    Apa bedanya lisan dan tulisan ?
    Lisan
    Tulisan
    Perlu kehadiran lawan tutur
    Tidak perlu kehadiran lawan tutur
    Unsur gramatikal tidak lengkap
    Unsur gramatikal lengkap
    Terikat ruang dan waktu
    Tidak terikat ruang dan waktu
    Dipengaruhi pungtuasi, jeda, ritme suara
    Dipengaruhi oleh tanda baca/ ejaan

    c. Ragam ini, sudah ada campuran bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Belanda, ke dalam bahasa Indonesia mengisi kekosongan atau memperkaya kosa kata, maka gejala itu kita anggap wajar. Akan tetapi, kalau unsur bahasa yang bersangkutan itu mengganggu keefektifan penyampaian informasi kita, hendaknya kita hindari.-> interferensi.
  2. Berdasarkan waktunya.
    a. Ragam Indonesia lama.
    Ragam ini dipakai sejak zaman Kerajaan Sriwijaya sampai dengan saat dicetuskannya Sumpah Pemuda. Cirinya masih dipengaruhi oleh bahasa Melayu. Bahasa Melayu inilah yang akhirnya menjadi bahasa Indonesia. Alasan Bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia:
    -Bahasa Melayu berfungsi sebagai lingua franca,
    -Bahasa Melayu sederhana karena tidak mengenal tingkatan bahasa,
    -Keikhlasan suku daerah lain, dan
    -Bahasa Melayu berfungsi sebagai kebudayaan

    b. Ragam bahasa Indonesia baru.
    Penggunaan ragam bahasa Indonesia baru dimulai sejak dicetuskannya Sumpah Pemuda Pada 28 oktober 1928 sampai dengan saat ini melalui pertumbuhan dan perkembangan bahasa yang beriringan dengan pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia.
  3. Berdasarkan situasinya.
    -Ragam Bahasa Resmi/Formal/Ilmiah
    Ragam bahasa resmi adalah ragam bahasa yang biasa digunakan dalam suasana resmi atau formal, misalnya surat dinas, pidato dan makalah atau karya tulis ilmiah. Bahasa yang digunakan bahasa baku.
    -Ragam Bahasa Tidak Resmi
    Ragam bahasa tidak resmi merupakan kebalikan dari raga bahasa resmi yang dapat digunakan dalam situasi informal. misalnya surat pribadi atau percakapan sehari-hari. Umumnya, bahasa yang digunakan bahasa tidak baku.
    -Ragam Bahasa Akrab
    Penggunaan ragam bahasa akrab ini dinyatakan dengan adanya kalimat-kalimat pendek, disertai oleh gerakan seperti anggukan kepala dan mimik wajah.
    -Ragam Bahasa konsultasi
    Ketika kita mengunjunggi seorang dokter, ragam bahasa yang kita gunakan adalah ragam bahasa resmi. Namun, dengan berjalannya waktu terjadi alih kode. Bukan bahasa resmi yang digunakan, melainkan bahasa santai. Itulah ragam bahasa konsultasi.
  4. Berdasarkan daerah.
    Ditinjau berdasarkan daerah asal penutur, bahasa Indonesia yang digunakan oleh orang Indonesia memiliki variasi atau ragam. Ragam-ragam bahasa Indonesia dari sudut daerah penutur ini sering disebut dengan logat. Dengan demikian akan terdapat beberapa ragam bahasa Indonesia yakni bahasa Indonesia logat Batak, bahasa Indonesia logat Minangkabau, bahasa Indonesia logat Jawa, bahasa Indonesia logat Aceh, bahasa Indonesia logat Sunda, bahasa Indonesia logat Bali, bahasa Indonesia logat Menado, bahasa Indonesia logat Melayu dan sebagainya.
Yang menyebabkan keragaman bahasa :
-Faktor budaya
-Faktor letak geografis
-Faktor ilmu pengetahuan
-Faktor pendidikan
-Faktor sejarah
-Faktor keperluan

Tuhan t’lah menunjukkan Kebesaran-Nya dengan diciptakannya eragam bahasa, sangat sederhana, tapi komplek. Pada dasarnya manusia tidak bisa hidup tanpa bahasa, karena bahasa jantungnya kehidupan.

Download :
Semua isi konten diatas pada Zulhadfizh,S.Pd.,M.Pd.

4 Responses to "Ragam Bahasa"

  1. yang menyebabkan keragaman bahasa pernah ane pelajari waktu sekolah tuh, berkat artikel ini jadi semakin paham tentang ragam bahasa

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel