Cara Membedakan Smartphone Asli atau Palsu

Smartphone kini jadi alat wajib bagi setiap orang. Sebelum membeli smartphone ada baiknya kita berhati-hati, karena banyak barang palsu beredar di pasaran. Dari tampilan luarnya memang normal tapi produk itu bisa saja palsu.

Agar terhindar dari smartphone palsu, kamu bisa menggunakan tips dari Jaka ini. Berikut cara mudah membedakan smartphone asli atau palsu.

Cara Mudah Membedakan Smartphone Asli atau Palsu

Untuk membedakan samrtphone asli atau palsu mudah gan. Kamu bisa lihat dari hardware dan juga softwarenya. Berikut cara untuk memastikannya :
1. Perhatikan Kualitas dari Bodi Smartphone
Coba kamu cek build quality dari bodi smartphone kamu dan cocokkan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Misal smartphone kamu ditulis memiliki bahan metal namun ketika kamu pegang terasa seperti plastik. Bisa saja smartphone kamu palsu.
Perhatikan juga kualitas layar dan kameranya. Smartphone palsu biasanya tidak dibuat dari hardware berkualitas tinggi. Coba perhatikan warna dan ketajaman dari layar dan foto hasil kameranya. Jika tidak sesuai spesifikasi yang dituliskan, bisa jadi smartphone kamu palsu.

2. Pastikan Nomor IMEI dari Smartphone
Setiap smartphone pasti dilengkapi IMEI atau International Mobile Station Equipment Identity yang bisa jadi indikator keaslian smartphone. Untuk mengeceknya kamu bisa dial nomor #06# atau *#06# di smartphone kamu, setelah itu akan muncul _pop up_ yang menunjukkan nomor IMEI.
Untuk mengecek keaslian IMEI kamu bisa mengakses situs IMEI INFO melalui browser. Masukan IMEI dari smartphone kamu lalu klik Check.

3. Gunakan Antutu Officer
Untuk mengecek keaslian smartphone kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Antutu Officer

Setelah download lalu instal dan buka aplikasi tersebut. Setelah itu ikuti beberapa langkah sederhana berikut :

  • Pertama kamu perlu menggunakan device lain yaitu PC. Lalu masukkan alamat y.antutu.com di browser. Antutu akan memberikan kamu sebuah barcode yang harus di scan melalui smartphone yang akan kamu ter keasliannya.
  • Kedua scan barcode yang ada di PC menggunakan aplikasi Antutu Officer di smartphone kamu dengan cara tap tombol Start.
  • Setelah proses tes selesai, hasilnya kamu bisa lihat di browser. Jika smartphone kamu asli maka tes ini akan berjalan mulus dan menampilkan nama device serta menampilkan statusnya.

Akhir Kata
Nah itu tadi 3 cara mudah membedakan smartphone asli atau palsu tips dari Jaka. Kamu sudah mencoba cek keaslian smartphone kamu gan?

0 Response to "Cara Membedakan Smartphone Asli atau Palsu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel