Cara beli hape seken di group jual beli Facebook

Xiaomi, Samsung, Asus

Ada beberapa merk Smartphone untuk mengecek tidak begitu sulit karena sudah ada program bawaan untuk pengecekan Smartphone, seperti Samsung, Xiaomi, dan Asus atau sobat bisa coba di beberapa merk Smartphone lainnya..

- Untuk Smartphone merk Samsung anda bisa melakukan panggilan *#0*#  nanti anda akan d bawa ke menu pengecekkan HP.

- Untuk Smartphonemerk Asus anda bisa membuka kolom kalkulator kemudian tekan .12345+= kemudian pilih menu single test.

- Untuk HP merk Xiaomi anda bisa masuk ke menu settingan lalu pilih tentang ponsel, kemudian tekan menu versi kernel sebanyak 5x untuk masuk ke menu pengecekkan Smartphone.

Cek Fisik

Dikutip dari group facebook ual Beli HP DAN ELEKTRONIK PEKANBARU (PJBO) yang ditulis oleh Azahari Syafril berikut beberapa tips membeli hape seken secara face to face.

Kebanyakan dari kita menggunakan istilah COD, Penggunaan istilah ini keliru karena COD (Cash On Delivery) merupakan layanan transaksi jual beli di mana pihak pembeli bersedia untuk membayar barang jika pihak penjual mengantarkannya sampai ke alamat pembeli. Tentu pengantaran barang bisa menuju rumah pembeli, kantor atau bahkan ke tempat yang diinginkan.

Cek LCD

Untuk pengecekan LCD buka apapun yang berwarna dasar putih seperti memo, kemudian menaikkan cahaya layar Smartphone ke posisi tinggi untuk melihat apakah lcd ada bintik putih, berbayang, atau sudah pernah diganti dengan salah satu tandanya ada cahaya keluar dari pinggiran HP yang menandakan lcd sudah tidak rapat/pernah diganti.

Cek Touchscreen, 

Untuk pengecekan touchscreen sobat dapat memainkan icon aplikasi pada menu utama. Caranya tahan saja salah satu aplikasi (seperti sobat ingin menghapus aplikasi), kemudian main icon aplikasi tersebut ke seluruh layar, jika ada tersendat-sendat kemungkinan ada masalah di touchscreennya.

Cek WiFi dan Bluetooth

Ini wajib, karena ada beberapa Smartphone ketika di reset pabrik memerlukan penggunaan Wi-Fi.

Cek kamera depan dan belakang

Disini yang sobat cek bukanlah kamera jernih atau tidak, tetapi yang sobat gunakan untuk apakah kamera ada jamur atau berbintik, dan juga sobat cek fokus dari kamera dengan cara memotret benda dari jarak dekat.

Cek rekam video dari kamera depan dan kamera belakang

Tujuan merekam video untuk mengecek mic dan juga speaker untuk video call apakah aman atau tidak.

Cek rekam suara melalui menu perekam

tujuannya untuk mengecek mic telepon

Untuk Smartphone yang sudah ada fingerprint bisa di tes langsung fingerprint nya berfungsi atau tidak.

Masukkan kartu

Masukkan kartu paket atau kartu nelpon anda untuk memastikan Smartphone tidak ada permasalahan di pembacaan kartu. Untuk beberapakali kasus Smartphone seperti iPhone 5g dan Xiaomi seri Redmi 3 (Redmi 3, 3s, 3pro, note 3, note 3pro) bisa sobat langsung cek jaringan 4G nya, karena bisa saja Smartphone tersebut tidak membaca jaringan 4G karena beberapa hal seperti upgrade MIUI pada seri Redmi 3 atau iPhone 5g versi Kanada yang frekuensi 4Gnya berbeda dengan Indonesia.

Tes nelpon untuk memastikan mic dan speker nelpon aman.

Cek Baterai

Untuk pengecekan baterai bisa dengan cara membuka kamera terus coba jepret 10x menggunakan flash. Jika baterai hanya berkurang 1 atau 2 persen berarti baterai normal. Jika baterai drop 20 persen atau Smartphone mati, ada kemungkinan baterai bermasalah.


Membawa Smartphone dengan aman

Sebaiknya Smartphone jangan di masukkan kedalam kotak, karena keseringan cara kita yang asal-asalan menggulung kabel cas dan headset membuat tidak pasnya posisi HP dalam kotak, sehingga layar HP langsung menerima tekanan dari penutup kotak, hal ini bisa berisiko terjadinya kerusakan lcd dan lain-lain.
Saya ingatkan sobat agar tidak memasukkan Smartphone yang di beli kedalam kotak, tetapi sebaiknya masukkan dalam tas atau dalam saku celana. Karena kebanyakan orang Smartphonenya  dimasukan ke kotak lalu dimasukan ke dalam jok motor, bisa saja selama perjalanan kondisi Smartphone dalam jok motor terbanting karena Medan perjalanan yang berat.

Semoga bermanfaat untuk sobat semua. Jika ada tambahan bisa share pengalaman sobat di kolom komentar. Selamat melanjutkan aktifitas jual beli Anda. Dan selalu berhati-hati dalam jual beli online.

2 Responses to "Cara beli hape seken di group jual beli Facebook"

  1. nice info gan, kalau bisa yang lebih natural lagi artikelnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seep gan masukkannya, tetap kunjungi govie attack untuk dapatkan informasi terbaru lainnya.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel