Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda dalam Satu File Word

Membuat nomor halaman pada dokumen seperti makalah, laporan, novel, proposal, tugas akhir dan karya tulis lainnya adalah hal yang wajib dilakukan. Nomor pada halaman akan membantu pembaca dalam mengidentifikasi jumlah halaman keseluruhan dan membantu mencarikan materi mana saja yang sedang dicari. Pada kali ini kita akan membahas juga mengenai cara membuat nomor halaman yang berbeda pada satu dokumen di word 2007, 2010, 2013 dan yang terbaru 2016.

Ada kalanya kamu harus membuat nomor halaman yang berbeda pada satu file dokumen yang sama. Sebenarnya jika kamu tidak tahu cara ini, kamu akan cenderung memisahkan antara bagian lembar kerja yang diberi nomor menggunakan angka romawi dan lembar menggunakan angka latin. Akan tetapi kamu bisa membuat dua jenis nomor (romawi dan latin) pada satu lembar kerja. Berikut adalah caranya :

Langkah 1 : Buka lembar kerja word seperti langkah pertama diatas. Atau buka file yang sudah selesai kamu kerjakan.

Langkah 2 : Tentukan bagian halaman yang akan diberi nomor romawi, misalnya pada lembar pertama hingga ke lima. Pada bagian akhir lembar kelima tersebut, pilih tab "Page Layout" kemdian pilih "Next Page" maka antara lembar pertama dan kelima sudah menjadi bagian terpisah dari lembar kerja keseluruhan.

Langkah 3 : Pada lembar yang berbeda tersebut, lakukan langkah 2 seperti diatas untuk membuat nomor halaman seperti biasanya. "Insert" dan Pilih "Page Numeber" kemudian pilih posisi nomor yang dikehendaki.

Langkah 4 : Masih pada lembar kerja tersebut, pilih kembali tab "Insert" "Page number" kemudian pilih "Format Page Number". Disana akan ada beberapa pilihan format penomoran seperti angka latin, angka romawi, huruf besar, huruf kecil dan penomoran minus.

Langkah 5 : Maka mulai dari halaman 1 hingga halaman 5 akan berubah menjadi format nomor yang sudah kamu ubah.

Langkah 6 : Selanjutnya, kamu perlu memformat halaman 6 sampai akhir dengan cara arahkan kursor ke halaman tersebut dan kembali pilih "Insert" "Page Number" dan "Format Page Number". Pilih format nomor halaman latin dan untuk bagian "Page Numbering" pilih "Start at" masukkan angka 1.

Pada tahap ini kamu sudah berhasil membuat penomoran halaman yang berbeda (latin dan romawi) untuk satu file lembar kerja word, tanpa repot repot untuk memisahkan file nya menjadi dua. Hal ini umumnya berlaku untuk karya tulis seperti makalah dan skripsi yang memang mengharuskan penomoran romawi untuk bagian pengantar, dan menggunakan penomoran latin untuk bagian isinya.

Terakhir, untuk cara membuat halaman skripsi, makalah dan jenis karya tulis lainnya memang hampir sama. Hanya saja kamu harus menyesuaikan format penulisan yang sudah ditetapkan oleh lembaga pendidikan dimana kamu berada. Karena masing masing memiliki format penulisan nomor yang berbeda.

Sumber : Kosngosan

Related Post


Terpublish postingan ini adalah karena rahmat dari Allah Azza wa Jalla, Tidak semua postingan ini tulisan saya. Di persilahkan untuk menyalin tulisan ini. Traktir saya kopi melalui: Paypal

0 Response to "Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda dalam Satu File Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel