Apakah kegunaan dan dampak Benzena beserta Turunannya ?

Kimia memang pelajaran yang sangat menyenangkan, mulai dari menghafal tabel periodik dan lainnya. Sekarang apakah kamu sudah tahu kegunaan dan dampak dari Benzena berserta turunannya?.

Apakah kegunaan dan dampak Benzena?
Benzena dapat digunakan sebagai pelarut dalam berbagai industri, zat adiktif bensin untuk meningkatkan bilangan oktan dan menurunkan ketukan, dan yang paling penting adalah penggunaan benzena sebagai bahan baku pembuatan bahan kimia lainnya. Benzena merupakan bahan baku pembuatan stirena (bahan untuk membuat polistirena (styrofoam)), pembuatan fenol (bahan baku resin dan plastik bakelit), dan pembuatan sikloheksana (bahan baku dalam industri serat nilon).

Benzena merupakan zat cair yang mudah menguap. Mengisap benzena dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kematian. Jika memakan atau meminum makanan yang mengandung benzena dengan kadar tinggi, kita dapat mengalami muntah-muntah, iritasi lambung, pusing, susah tidur, penyakit sawan, dan bahkan kematian.

Bencana yang masuk ke dalam aliran darah dapat merusakkan tulang sumsum dan menurunkan jumlah sel darah merah sehingga menyebabkan anemia. Bencana merupakan zat karsinogen terhadap manusia yang dapat menyebabkan penyakit leukimia. Beberapa tes dapat dilakukan untuk mengetahui adanya benzena dalam tubuh, misalnya dalam saluran pernapasan, darah, dan urine. Sejak diketahui berbahaya terhadap kesehatan, penggunaan bahasa Indo sebagai pelarut murni diganti oleh pelarut lain yang lebih aman.

Apakah kegunaan dan dampak Toluena?

Toluena dapat digunakan sebagai peningkat bilangan oktan (octane booster) bahan bakar pesawat terbang dan mobil balap Formula 1. Selain itu, toluena sebagai bahan baku pembuatan beberapa bahan kimia, seperti fenol, TNT, asam benzoat dan turunannya, sakarin, zat pewarna, dan toluena diisosianat. Toluena diisosianat merupakan bahan baku dalam industri busa poliuretan (polyurethane foams). Toluena digunakan sebagai pelarut karena mampu melarutkan cat, beberapa bahan kimia, karet, tinta printing, dan lem.

Toluena dapat menyebabkan mabuk, ban dalam jumlah yang besar dapat mengakibatkan mual-mual. Pengisapan toluena dalam waktu lama dan sering dapat merusak sel otak. Toluena juga dapat masuk ke dalam tubuh melalui kontaminasi tanah.

Apakah kegunaan dan dampak Fenol?
Fenol digunakan sebagai antiseptik dalam tambal gigi, sabun, dan deodoran. Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa pada konsentrasi yang rendah, fenol mampu menyebabkan kerusakan otak pada tikus. Oleh karena itu, penggunaannya dalam bidang medis dibatasi. Fenol juga merupakan bahan baku pembuatan aspirin, obat pembasmi rumput, dan resin buatan (bakelit).

Fenol dengan konsentrasi pekat dapat berbahaya jika mengenai kulit karena dapat menyebabkan kulit terbakar. Untuk berjaga-jaga saat melakukan percobaan di laboratorium menggunakan fenol, disarankan untuk selalu sedia larutan polyethylene glycol. Meskipun demikian, fenol digunakan juga sebagai obat pengupas kulit, yaitu membersihkan lapisan kulit mati.


Apakah kegunaan dan dampak Asam Benzoat?

Asam benzoat merupakan senyawa aromatik berbentuk Kristal Putih. Asam karboksilat banyak digunakan dalam bidang makanan dan kesehatan.

Di bidang makanan, asam benzoat dimanfaatkan sebagai pengawet makanan. Asam benzoat dapat mengawetkan makanan karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan biang makanan cepat basi, yaitu Jamur, ragi, dan beberapa bakteri. Biasanya, asam benzoat terdapat dalam bentuk garam natrium, kalsium, dan kalium. Adapun di bidang kesehatan, asam benzoat digunakan sebagai germisida pembasmi kuman. Selain itu, asam benzoat juga digunakan dalam pasta gigi dan parfum.
Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan asam benzoat sebagai pengawet makanan dan minuman tidak berbahaya alias aman. Oleh karena itu, asam benzoat direkomendasikan sebagai pengawet untuk menggantikan formalin. Namun sayang, harga asam benzoat lebih mahal dibandingkan formalin sehingga para pengusaha makanan dan minuman jarang yang mau menggunakan asam benzoat. Meskipun aman, penggunaan asam benzoat dalam makanan dan minuman tidak boleh melebihi kadar yang ditetapkan, yaitu 5 mg/kg berat badan per hari.


Apakah kegunaan dan dampak Anilina?
Anilina digunakan untuk membuat bahan kimia yang digunakan dalam industri karet, zat pewarna, bahan kimia pencucian foto, busa polyurethane, Farmasi, bahan peledak, herbisida, fungisida, dan pengelolahan minyak bumi.

Uap anilina bersifat racun sehingga berbahaya jika terisap atau sengaja mengisapnya. Selain melalui saluran pernapasan, anilina dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit dan saluran makanan. Keracunan anilina dapat menyebabkan sakit kepala, kantuk berat, gangguan mental, dan beberapa kasus mengakibatkan penyakit sawan.



Apakah kegunaan dan dampak Mesitilena?

Mesitilena atau 1, 3, 5-trimetilbenzena (C9H12) adalah senyawa turunan benzena dengan 3 gugus metil yang terikat pada cincin benzena. Senyawa tersebut umumnya digunakan sebagai pelarut dalam penelitian dan industri dalam industri elektronika, mesitilena digunakan sebagai larutan pengembang untuk photopatternable silicones.

Mesitilena bersifat mudah terbakar dan mengiritasi. 1, 3, 5-trimetilbenzena merupakan senyawa organik mudah menguap (volatile organic compound atau VOC) yang dihasilkan dari pembakaran. Mesitilena hasil pembakaran ini turut serta dalam pembentukan aerosol dan pembentukan ozon di atmosfer.


Apakah kegunaan dan dampak Nitrobenzena?
Nitrobenzena yang mempunyai rumus kimia C6H5NO2, merupakan senyawa organik beracun berwujud kristal kuning atau dapat juga cairan berminyak. Nitrobenzena mempunyai aroma buah almond dan digunakan dalam pembuatan anilina, industri semir sepatu dan lantai, karet buatan, pestisida, zat pewarna, serta pembuatan paracetamol


Apakah kegunaan dan dampak Parasetamol?
Paracetamol atau acetaminophen merupakan obat yang bersifat antipiretik dan analgesik. Istilah parasetamol berasal dari nama kimia senyawanya, yaitu para-acetyl-aminol-phenol. Begitu juga dengan asetaminofen berasal dari N-acetyl-para-aminophenol. Parasetamol digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan demam dan sakit kepala. Penggunaan parasetamol secara berlebihan dapat merusak jaringan syaraf. Jika digunakan bersama alkohol dapat merusak hati.


Apakah kegunaan dan dampak Asam Salisilat?
Asam sadis silat merupakan asam yang berwujud crystal putih dan mempunyai rumus kimia C6H4(OH)(COOH)

Asam salisilat digunakan sebagai bahan baku pembuatan aspirin (asam asetilsalisilat), zat pengawet, obat luar untuk perawatan kulit, dan zat antiseptik dalam pembersih rambut.


Apakah kegunaan dan dampak Klorobenzena?
Klorobenzena telah lama digunakan dalam pembuatan pestisida, khususnya DDT. DDT dibuat dari Klorobenzena dengan cara mereaksikannya dengan kloro (trikloroasetaldehida). Klorobenzena juga digunakan dalam pembuatan fenol. Kegunaan lainnya adalah sebagai zat perantara dalam pembuatan nitroklorobenzena dan difeniloksida. Kedua senyawa tersebut merupakan senyawa penting dalam industri herbisida, zat pewarna, dan karet.


Apakah kegunaan dan dampak Xylena?
Xylena yang merupakan rumus kimia C6H4(CH3)2 merupakan zat yang tidak berwarna, dan berminyak. Xylena digunakan sebagai pelarut dan bahan dalam industri percetakan, karet, dan kulit. p-Xylena sebagai bahan baku pembuatan asam tereftalat yang dapat dibuat polimer politereftalat. Xylena dapat merusak otak. Paparan Xylena, baik dalam waktu Sebentar (kurang dari 14 Hari) ataupun lama (lebih dari 1 tahun) dapat menyebabkan sakit kepala, gangguan koordinasi otot, kehilangan keseimbangan, iritasi kulit, mata, dan hidung sulit bernafas, kerusakan memori otak, serta gangguan hati dan ginjal.


Apakah kegunaan dan dampak TNT?
TNT atau trinitrotoluena merupakan senyawa turunan benzena yang berasal dari toluena. Mula-mula, toluena dinitrasi dengan campuran asam sulfat dan asam nitrat menghasilkan campuran mononitrotoluena dan dinitrotoluena. Setelah dipisahkan dari mononitrotoluena, dinitrotoluena dinitrasi lagi hingga menghasilkan trinitrotoluena. Penggunaan utama TNT tentu saja sebagai bahan peledak.

TNT bersifat racun, dapat memasuki tubuh melalui kulit dan menyebabkan iritasi kulit. Dalam jangka panjang, paparan TNT dapat menyebabkan penyakit anemia dan liver.
DISCLAIMER: Konten yang ada di blog ini tidak seluruhnya saya tulis sendiri. Diperkenankan mengambil isi konten sebagian atau seluruhnya tanpa izin.

0 Response to "Apakah kegunaan dan dampak Benzena beserta Turunannya ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel