ini manfaat mentimun bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui

Mentimun atau ketimun dengan nama ilmiah Cucumis sativus yang termasuk kedalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum terlalu masak untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya.

Klasifikasi Ilmiah Mentimun

Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Cucurbitales
Famili Cucurbitaceae
Genus Cucumis
Spesies C. sativus

Manfaat Mentimun

Dikutip dari Okezone, berikut ini 9 manfaat buah mentimun atau timun bagi kesehatan, 3 manfaat bagi kulit sobat. 

Kesehatan ginjal, Mentimun ternyata juga mampu menjaga kesehatan ginjal dan kantung kemih. Kandungan air pada mentimun membantu kinerja ginjal dalam memproduksi urine (urinasi).
Menurunkan kadar gula dalam darah, Mengkonsumsi mentimun baik bagi penderita diabetes karena mentimun mengandung mineral mangan yang bermanfaat selama proses sintesa hormon insulin dalam tubuh. 
Menurunkan kadar kolesterol, Di dalam buah mentimun terkandung senyawa sterol yang berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. 
Mengontrol tekanan darah tinggi, Kandungan kalium, magnesium dan serat alami yang terdapat pada mentimun berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
Memperlancar pencernaan, Kandungan serat yang terdapat pada mentimun terbukti dapat memperlancar pencernaan. Mengkonsumsi mentimun secara teratur dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti gastritis, maag, perut mulas atau konstipasi (kondisi susah buang air besar).
Menjaga kesehatan gigi dan gusi, Kandungan serat dan sifat mentimun yang dingin dapat mengatasi masalah peradangan termasuk radang gusi. Mengkonsumsi mentimun dapat meningkatkan produksi air liur dan menetralisir asam dan basa di dalam rongga mulut sehingga gigi dan gusi tidak mudah terserang penyakit.
Meningkatkan daya tahan tubuh & mencegah dehidrasi, Vitamin C pada mentimun berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit baik karena perubahan cuaca atau lainnya. Kandungan air pada mentimun juga mampu mencegah tubuh mengalami dehidrasi.
Menjaga kesehatan mata, Mentimun juga bermanfaat bagi mata karena mentimun mengandung vitamin A. Meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata juga mampu merelaksasi otot dan saraf mata sehingga mata tidak mudah lelah yang dapat memicu penurunan kesehatan mata itu sendiri. Selain itu, mengkonsumsi mentimun juga dapat mencegah retensi air yang dapat memicu pembengkakan di sekitar mata.
Mencegah kanker, Mentimun mengandung lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol. Ketiga kandungan tersebut sangat berperan dalam menghambat pertumbuhan kanker antara lain kanker usus, kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat. Ingin mengetahui makanan yang dapat mencegah kanker lainnya? Simak Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan.
Baik untuk kesehatan kulit, Penggunaan masker mentimun pada kulit wajah sudah dipercaya sejak lama memberikan efek baik pada kulit. Bukan hanya dagingnya, bahkan biji mentimun mengandung vitamin E dan potassium yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

3 Manfaat buah Mentimun bagi kesehatan kulit, diantaranya:

Revitalisasi kulit. Menggunakan masker mentimun secara rutin dapat membuat kulit wajah lebih kencang.
Mengurangi bintik hitam atau noda pada wajah.
Mengurangi garis halus dan keriput pada wajah.

Belum ada Komentar untuk "ini manfaat mentimun bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel