Pengertian Organisasi, Teori dan Teknik Pengorganisasian

Pengertian Organisasi

Secara tidak langsung sadar atau tidak sadar kita menggunakan teori organisasi setiap hari. kita akan membahas mengenai pengertian organisasi. organisasi merupakan kesatuan yang memungkinkan anggota untuk mencapai tujuan yang tidak dapat dicapai melalui kegiatan individu.

Menurut Wikipedia, Orgаnіѕаѕі раdа dаѕаrnуа dimanfaatkan ѕеbаgаі tеmраt аtаu wаdаh bаgі оrаng-оrаng untuk bеrkumрul, bеkеrја ѕаmа ѕесаrа rаѕіоnаl dаn ѕіѕtеmаtіѕ, tеrеnсаnа, tеrріmріn dаn tеrkеndаlі, dаlаm mеmаnfааtkаn ѕumbеr dауа (uаng, mаtеrіаl, mеѕіn, mеtоdе, lіngkungаn), ѕаrаnа-раrаѕаrаnа, dаtа, dаn lаіn ѕеbаgаіnуа уаng dіgunаkаn ѕесаrа еfіѕіеn dаn еfеktіf untuk mеnсараі tuјuаn оrgаnіѕаѕі.

Manusia menjadi anggota dari organisasi yang mendapatkan hasil yang lebih besar daripada dikerjakan secara Individual. definisi lain dari organisasi merupakan suatu entitas sosial yang dikoordinasikan secara sadar. yang bekerja secara berkesinambungan untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Terdapat dua jenis hubungan dalam organisasi yaitu hubungan formal yang artinya keterkaitan dikarenakan adanya organisasi dan hubungan informal yang artinya keterkaitan yang di luar kedinasan.

Sejarah perkembangan organisasi sejak pendekatan klasik


Organisasi mengalami perkembangan berdasarkan zamannya. perkembangan sini menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pada perkembangan saat tersebut. sejak teori klasik Pada permulaan abad 20 sampai sekarang, banyak pelopor yang mempelajari organisasi dan memberikan konstribusi yang berharga bagi perkembangan organisasi.

Frederick Taylor

Frederick Taylor tahun 1911, mempelajari prinsip dari scientific management. ini merupakan cabang teori klasik yang memiliki pandangan bahwa organisasi menggunakan sistem tertutup, di mana Manager memiliki kekuasaan penuh tanpa menerima masukan dari bawahannya.

Henry Fayol

Pada tahun 1841 sampai 1925, memperkenalkan classical organization Theory. besok ajalah tanggalnya yang menaruh perhatian pada peningkatan produktivitas dengan fokus bekerja sebagai perorangan. beliau mengetengahkan prinsip organisasi atas dasar pengalamannya sebagai seorang eksekutif.

Chester barnard

Bernard sebagai presiden New Jersey Ball yang merupakan perusahaan telepon dan telegraf merupakan pertama yang memperkenalkan pandangan behavioral Theory. beliau berpendapat bahwa organisasi merupakan sistem kerja sama antara atasan dan bawahan.

Max Weber

Beliau memberikan sumbangan dalam klasik teori yang memperkenalkan struktur organisasi dalam suatu organisasi. Max Weber adalah orang pertama yang memperkenalkan mengenai konsep birokrasi.

Elton mayo

Elton dari Western electric Company tahun 1924 sampai 1927, dikenal dengan eksperimen hawthorne. berkontribusi pada zaman human relation Theory. kesimpulan yang didapat adalah produktivitas akan meningkat jika perilaku bawahan diperhatikan.

Herbert Simon

Simon memiliki konstribusi pada masa Decision Making Theory. ilmu pengambilan keputusan dalam manajemen organisasi memanfaatkan human relation Theory.

Daniel katz dan Robert Khan

Menurut keduanya lingkungan adalah faktor kontingensi utama yang mempengaruhi organisasi. keduanya merupakan tokoh yang berkontribusi besar terhadap zaman organisasi sistem terbuka.

Douglas mc gregor

Douglas merupakan tokoh yang berada pada belakang kebahagiaan. dia menulis buku The Human side of Enterprise, Yang intinya menyatakan bahwa perilaku manusia perlu dipertimbangkan dalam mengintegrasikan tujuan individu dengan tujuan organisasi.

Jefrey Pfeffer

Jefri merupakan tokoh pada masa aliran baru, yaitu masa power Dynamic teori. aliran ini kurang menyetujui pendekatan kemanusiaan. para tokoh ini menganggap pendekatan kemanusiaan terlalu ideal dan muncullah versi organisasi dengan pendekatan dinamika kekuasaan.

Dengan demikian pandangan kontigensi lebih berkembang yang komprehensif karena didasarkan atas adanya kelompok yang berkepentingan dalam organisasi. dengan demikian kepentingan pribadi dan kelompok akan dapat diintegrasikan.

Teknik Pengorganisasian

Pengorganisasian atau organizing meliputi struktur, hirarki dan proses dalam setiap kegiatan di dalam organisasi. bisa dibilang kegiatan ini adalah penyatuan dan pengelompokan orang-orang sehingga terlihat adanya pembagian kerja dan penyatuan ke arah tercapainya tujuan akhir dari organisasi yang telah dibuat.

Adapun pengertian dari teknik pengorganisasian merupakan suatu strategi yang ditempuh oleh organisasi dengan memanfaatkan berbagai komponen di dalam organisasi untuk menghadapi segala situasi yang mengganggu keefektifan organisasi. keefektifan ini merupakan kunci di mana setiap individu harus menggunakan teknik pengorganisasian. terdapat 11 komponen organisasi yang meliputi :

Struktur, tujuan manusia hukum prosedur pengoperasian yang berlaku teknologi lingkungan kompleksitas spesialisasi kewenangan dan pembagian tugas

Pada zaman globalisasi ini diperlukan teknik pengorganisasian yang handal dalam mempertahankan dan mengembangkan keefektifan organisasi. maka dari itu adanya pendekatan teknik pengorganisasian yang handal meliputi :

Teknik pengorganisasian dengan pendekatan tujuan

Teknik ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan di organisasi. ini menitikberatkan pada pendekatan tujuan yang dapat direalisasikan. pendekatan tujuan lebih menekankan pentingnya tujuan sebagai kriteria penilaian keefektifan organisasi. dilakukan analisis tujuan untuk menemukan ketidakefektifan sebagai langkah pertamanya. setelah itu merumuskan tujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

Langkah ketiga yakni merumuskan gambaran keadaan yang sekarang. setelah itu Langkah terakhir yakni mengidentifikasi kemudahan dan hambatan merokok yang merupakan langkah yang sangat penting sebagai kunci untuk mengembangkan serangkaian kegiatan dalam rangka mencapai tujuan keefektifan organisasi.

Teknik pengorganisasian dengan pendekatan sistem

Teknik pengorganisasian dengan pendekatan sistem lebih menekankan terhadap masukan atau input, proses dan keluaran atau output. apabila Terjadi ketidak efektifan dalam mencapai tujuan maka harus dilihat bagian dari sistem yang mana yang menjadi penyebab ketidakefektifan tersebut.
Adapun langkah untuk teknik pengorganisasian dengan pendekatan sistem dimulai dari menentukan lokasi ketidakefektifan organisasi. setelah itu Menentukan masalah, menganalisis masalah hingga mengembangkan serangkaian kegiatan.

Teknik pengorganisasian dengan pendekatan lingkungan

Teknik pengorganisasian dengan pendekatan lingkungan merupakan teknik yang paling mutakhir. Teknik ini menekankan pentingnya organisasi adaptasi terhadap perubahan sebagai kriteria penilaian keefektifan organisasi.

Adapun langkah-langkah teknik pengolahan is Asian dengan pendekatan lingkungan ini dimulai dari menemukan adanya perubahan yang mengganggu efektivitas organisasi. menemukan perubahan, setelah itu menganalisis perubahan, mengembangkan serangkaian kegiatan.

Related Post


Terpublish postingan ini adalah karena rahmat dari Allah Azza wa Jalla, Tidak semua postingan ini tulisan saya. Di persilahkan untuk menyalin tulisan ini. Traktir saya kopi melalui: Paypal

0 Response to "Pengertian Organisasi, Teori dan Teknik Pengorganisasian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel