10 Tips hemat ala anak KOSan

Setelah masa Sma usai beberapa dari kita mungkin akan ada yang bekerja dan ada yang melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Menjadi mahasiswa baru identik dengan perantauan. Karena aktifitas kuliah dan kampusnya kebanyakan berada di kota besar. Alhasil mau tidak mau mereka para calon mahasiswa baru ini harus merantau dan menetap di kota itu.

Kos menjadi pilihan favorit mahasiswa rantau di Indonesia. Ketika menjalani kehidupan sebagai anak kos mereka dituntut untuk mandiri dan pintar dalam mengelola uang bulanan. Jauh dari saudara dan keluarga membuat para mahasiswa baru ini merasa galau di awal. godaan untuk ingin kembali pulang ke rumah terus menghantui.

kali ini promotiaphari.com akan memberikan 10 tips cara berhemat agar kalian para mahasiswa maupun perantauan yang tinggal di kos bisa berhemat dalam mengeluarkan uang belanja. Tips ini sangat berguna bagi anda yang sering merasa boros dalam pengeluaran bulanan. berikut tips yang dirangkum promotiaphari.com berhemat menjadi anak kos.


Tips #1 Cari Kos Yang Harganya Sesuai Kemampuan

Tips pertama ini mungkin sudah sering dibahas. memang ukuran finansial menjadi patokan kita dalam mencari tempat tinggal. Mencari kos dengan harga semurah mungkin merupakan misi utama anda yang berbujet ketat. Kos murah juga harus diperhitungkan unsur K3 nya, yaitu Keamanan, Kebersihan, dan Kesehatan. Ketiga unsur tersebut nantinya akan sangat berpengaruh terhadap proses belajar anda kedepannya.

Tips #2 Cari Partner Kos yang Dipercaya

Menjadi anak kos yang individualis sungguh tidak akan menguntungkan anda. Bersosialisasi lah dengan teman seangkatan atau teman sekampus untuk diajak ngekos bersama, karena sekamar jika ditempati berdua tidak hanya akan menjadi lebih murah karena bisa patungan. akan ada saat dimana anda sangat mengandalkan bantuan teman sekamar anda. seperti ketika anda sakit, ketika anda kepepet dan butuh pinjaman uang, pasti partner sekamar akan menjadi orang pertama yang menolong anda.

Tips #3 Berlangganan di Warung Murah

Makan menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa disepelekan. Karena harga makanan juga akan sangat menentukan kondisi keuangan di akhir bulan nanti. Solusi berhemat di poin ini adalah anda harus survey terlebih dahulu warung atau tempat makan di sekitaran kos yang memiliki banyak pilihan menu dan tentunya harga murah. Selain murah anda juga harus perhatikan kebersihan tempat makan itu. jangan hanya asal murah tetapi anda akhirnya harus sakit karena makanan yang tidak higienis.

Tips #4 Memaksimalkan Fasilitas yang Disediakan Kos

Beberapa kos di kota yang harga sewanya terbilang murah maupun mahal biasanya dilengkapi fasilitas seperti dapur umum dan tempat mencuci. Untuk memaksimalkan penghematan anda harus bisa menggunakan fasilitas itu. Terutama dapur, terkadang anda harus bisa menahan diri untuk tidak makan diluar. solusi memasak makanan sendiri akan sangat berguna buat anda. Disini keahlian memasak anda akan terlatih. Tempat mencuci pakaian juga harus anda gunakan, jangan manja dengan menitipkan semua pakaian kotor anda di tempat laundry. Karena secara tidak terasa uang anda akan tersedot habis hanya untuk mencuci pakaian.

Tips #5 Buatlah Uang Kas Pribadi


Membuat uang kas pribadi sangat penting, untuk menunjang keuangan anda di akhir bulan nanti. jangan pernah sepelekan uang recehan, kumpulkan tiap koinnya ketika anda menerima uang receh. Uang kas ini nanti bisa anda belikan kebutuhan kecil seperti membeli air galon, mengisi gas di dapur, bisa juga dipergunakan untuk membayar iuran wifi bulanan. uang kas ini bisa juga anda manfaatkan ketika menghadapi situasi dimana anda sedang kepepet.

Tips #6 Bagi Anda yang Muslim Bisa Berpuasa

Meskipun anda menjalani hidup sendiri di kos, jangan sekali kali melupakan kewajiban anda sebagai orang yang beragama. Bagi anda yang muslim anda bisa mempraktekkan puasa di hari senin dan kamis. tips ini juga bisa anda tiru bagi yang beragama lain. Ketika anda berpuasa maka secara otomatis pengeluaran anda untuk urusan makan dan minum di hari itu bisa dipotong anggarannya. Anda hanya perlu sedikit bersabar menunggu maghrib tiba. Setelah itu anda bisa makan sepuasnya dengan menu favorit yang sudah anda persiapkan.

Tips #7 Mencari Penghasilan Tambahan

Untuk mendapaktkan uang tentunya seseorang harus bekerja. Mencari pekerjaan di zaman sekarang tentunya sulit bagi anda yang statusnya masih mahasiswa dan hanya mengandalkan ijasah sma. sekalipun ada biasanya akan meminta anda untuk kuliah di malam hari. karena kebanyakan perkejaan di lakukan di siang hari. tapi jika anda pintar dan rajin pastinya anda tidak akan menyerah dengan kondisi tersebut. Ada banyak kesempatan mencari uang.

Anda bisa menjadi reseller produk tertentu, menjadi desainer, menjadi blogger, kalau bermodal anda bisa buka usaha kecil kecilan dan masih banyak lagi. intinya tidak perlu pilih pilih dalam mencari pekerjaan, yang penting halal. karena saat ini yang anda perlu hanya sekedar tambahan uang jajan bukan gaji besar. Tapi tetaplah fokus kuliah anda, karena tujuan anda merantau bukan bekerja tetapi kuliah.

Tips #8 Cari Teman Terbaik Sebanyak Banyaknya

Inti dari anda kuliah bukan hanya sekedar menyelesaikan nilai akademik sebaik mungkin, akan tetapi ada yang lebih penting dari itu semua yaitu mencari teman. teman saat kuliah akan sangat menentukan masa depan anda. Karena jika salah pilih teman, bisa jadi kuliah anda tidak selesai bahkan berujung Drop Out. Teman yang baik bisa menjadi acuan dan motivasi anda untuk kuliah. Lingkaran sosial yang baik juga bisa menunjang karir anda saat nanti setelah wisuda. karena bisa saling bantu dalam hal mencari pekerjaan atau membuka usaha bersama sama. mereka juga bisa menjadi andalan anda saat butuh bantuan finansial.

Tips #9 Berburu Beasiswa

Sebagai seorang mahasiswa anda dituntut untuk rajin dan pintar dalam segala hal. Perbaiki terus nilai akademik anda dan aktiflah mencari beasiswa. Beasiswa ini akan sangat penting karena bisa meringankan beban finansial anda maupun orang tua anda. Jika anda mendapat beasiswa maka uang yang seharusnya untuk kuliah bisa anda pergunakan untuk keperluan hal lain. ini juga bisa menghemat pengeluaran anda sehingga anda masih bisa menabung.

Tips #10 Menabung dan Bawa uang Cash Secukupnya

Inti dari hemat bukan hanya tentang pengeluaran tetapi juga cara menyimpan. Anda harus menabung dimulai dari sekarang. Tabungan ini akan sangat penting untuk masa depan anda nanti. Selainm menabung tips lainnya yaitu bawalah uang cash secukupnya dalam dompet. Selalu pergunakan uang pas dalam membayar barang belanjaan.

Jangan suka menggunakan uang pecahan besar sehingga ketika dibelanjakan dan mendapat kembalian maka uang itu terpecah menjadi pecahan kecil, yang justru akan terlihat lebih banyak. Jika sudah seperti ini maka secara tidak sadar anda akan menganggap uang anda masih banyak dan anda akan dengan mudahnya mengeluarkan uang.

Related Post


Terpublish postingan ini adalah karena rahmat dari Allah Azza wa Jalla, Tidak semua postingan ini tulisan saya. Di persilahkan untuk menyalin tulisan ini. Traktir saya kopi melalui: Paypal

0 Response to "10 Tips hemat ala anak KOSan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel