Ini cara menjawab pertanyaan saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja atau interview kerja adalah salah satu tahapan untuk mengenali dan melihat kesesuaian kandidat berdasarkan jawaban pertanyaan wawancara apakah cocok atau tidak bekerja di perusahaan. Interviewer akan memberikan pertanyaan interview untuk melihat secara langsung kepribadian dan cara seseorang mempresentasikan dirinya. Pihak perusahaan lalu akan menilai apakah kandidat cocok atau tidak diterima di perusahaan.


Pertanyaan Wawancara Kerja

Pertanyaan wawancara ini biasanya bukan pertanyaan yang berat. Pertanyaan saat wawancara kerja masih seputar apa yang kamu tulis di lamaran pekerjaan atau di CV, serta hal-hal untuk menggali pengalaman dan kesesuaianmu bekerja di perusahaan yang kamu lamar.


Jadi tidak perlu gugup untuk menghadapi wawancara pekerjaan. Cukup siapkan diri dengan menyiapkan jawaban pertanyaan-pertanyaan umum berikut sesuai dengan tips-trik menjawabnya.

1. Ceritakan tentang diri Anda
Pertanyaan ini cukup menjebak tapi penting. Biasanya menjadi pertanyaan awal sekaligus sesi penting kamu memperkenalkan diri dan menjual kemampuanmu. Jangan membacakan riwayat hidupmu saja, sebab semua tentu sudah ada di berkas lamaranmu. Cukup ceritakan hal-hal dari dirimu yang menarik dan menunjukkan kamu cocok dipekerjaan ini. Misalnya menceritakan pengalaman, prestasi, dan ketertarikanmu.

2. Mengapa kamu melamar pekerjaan ini?
Perusahaan ingin mengetahui keseriusanmu melamar pekerjaan melalui pertanyaan ini. Tentu perusahaan tak mau menerima karyawan yang hanya iseng, atau main-main saja. Untuk itu jawablah pertanyaan ini dengan hal dan alasan positif yang kamu lihat dari posisi pekerjaan tersebut. Berikan penjelasan secara singkat dan sederhana dan yakinkan pewawancara jika kamu memang tepat karena ingin berkembang dan berkarir di posisi tersebut.<

3. Apa saja kelebihan yang kamu miliki?
Jawab pertanyaan ini selengkap, spesifik, dan seakurat mungkin secara jujur. Pastikan kelebihan yang kamu sampaikan relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jika kesulitan menemukan kelebihan dirimu sendiri, kamu bisa menyiapkan diri sebelumnya dengan menuliskan kelebihan-kelebihanmu sebelum wawancara, sehingga semua benar detail dan spesifik.

4. Apa kekurangan yang kamu miliki?
Pertanyaan ini cukup menjebak, namun tetap harus dijawab dengan jujur dan tepat. Perusahaan ingin mengetahui seberapa kamu mengenal dirimu sendiri, dan jujur menerimanya. Jangan lupa tambahkan kemauan dan usahamu untuk meningkatkan kekuranganmu tersebut ya.

5. Mengapa kami harus menerima kamu di perusahaan ini?
Pertanyaan ini membutuhkan pengetahuan spesifik tentang perusahaan yang kamu lamar. Oleh karena itu jangan malas untuk mencari dan menggali informasi baik mengenai perusahaan secara umum, serta posisi yang kamu lamar. Nyatakan secara sopan bahwa kamu cocok dengan kualifikasi yang dibutuhkan

6. Mengapa kamu mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya?
Pertanyaan wawancara ini tidak akan keluar jika ini adalah pekerjaan pertamamu. Nah jika ini bukan karir pertamamu, tetap jawab dengan positif tanpa menjelek-jelekkan perusahaan sebelumnya. Sampaikan bahwa kamu berniat mencari pengalaman baru di kesempatan ini.

7. Berapa Gaji yang kamu inginkan?
Sebelum menjawab pertanyaan ini pastikan kamu sudah cari tahu dulu tentang kisaran gaji pada posisi yang kamu lamar ini. Lebih baik jika kamu menyampaikan dalam bentuk range yang masuk akal sesuai dengan pengalaman, skill dan pendidikan yang dimiliki. Jika kamu terbuka untuk negosiasi jangan lupa pula untuk disampaikan.

8. Bagaimana kamu melihat karirmu tiga sampai lima tahun kedepan?
Pertanyaan ini bisa kamu manfaatkan untuk menunjukan kamu cukup ambisius namun juga tetap realistis. Jangan lupa untuk menyertakan rencana berkembang di jenjang karir yang kamu lamar di perusahaan ini

9. Ada pertanyaan yang ingin kamu ajukan?
Sesi ini adalah sesi dimana kamu dapat gantian bertanya, untuk mengetahui lebih dalam dan spesifik tentang perusahaan. Sembilan tips jitu diatas bisa menjadi panduan untuk menghadapi wawancara kerja selanjutnya. Bagikan pengalaman wawancara kerjamu di kolom komentar yuk!

0 Response to "Ini cara menjawab pertanyaan saat Wawancara Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel