Profil Syamsuar Calon Gubernur Riau



Bagi Syam, Jabatan Sarana Ibadah


MENITI karir dari nol sebagai pegawai negeri sipil (PNS), modal berharga bagi Syamsuar untuk memahami dunia pemerintahan. 34 tahun di birokrat, pria kelahiran Deaa Jumrah, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan hilir ini membuktikan kepiawaiannya dalam mengelola keuangan daerah.

Ini terbukti saat menjabat Bupati Siak, sejak 2011 lalu, ratusan prestasi nasional dan internasional sudah diraih Pemkab Siak. Teristimewa adalah penghargaan terhadap laporan keuangan daerah dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterimanya tujuh kali berturut-turut setiap tahun dari BPK RI.


Keadaan Syam Sewaktu Kecil

Suami misnarwi ini menceritakan bagaimana sulitnya ekonomi orangtuanya dalam menghidupkan anaknya diawal tahun 1960-an. Sementara, Abahnya H Wahi Abdullah (alm) hanya petani yang menggarap kebun karet dan ladang padi tidak begitu luas miliknya. bahkan, tak jarang abah juga menjala ikan, sebagai hasilnya dijual dan sisanya dibawa pulang untuk dimakan. " Abah orangnya keras dan disimplin," ujar bapak tiga putra dan satu cucu ini.


Riwayat Pendidikan Syamsuar dan Karir Politik

Tamat SMA tahun 1972, Syamsuar ikut tes Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN). Tapi, ia gagal. Lalu, merantau ke Sawahlunto, Sumatera Barat, menjadi buruh di sebuah perusahaan pertambangan.

"Di tahun 1977 kembali dibuka tes APDN, tapi belum lulus juga. Barulah di tahun 1983 saya diterima sebagai salah seorang mahasiswa APDN. Tamat pendidikan 1987. Saya ditugaskan di Pemkab Bengkalis sebagai staf di bagian Umum. Dari sinilah karir saya sebagai PNS dimulai, "Jelasnya. Beberapa tahun menjadi PNS Syamsuar melanjutkan kuliahnya di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan dengan jurusan Fisipol. Tamat dari USU, Syamsuar dipercaya menjabat sekretariat Camat Siak.

Tahun 1999, saat Siak dimekarkan dari kabupaten Bengkalis, Syamsuar pun pindah tugas, dan menjabat sebagai Kepala Dispenda Siak. Ketika pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Siak Pertama tahun 2001, Syamsuar terpilih sebagai Wakil Bupati Siak pertama mendampingj Arwin AS. Tahun 2009 dipercaya menjadi PJ Bupati kepulauan Meranti.

Di Pilkada siak 2011, Syamsuar diberi amanah memimpin Negeri Istana berdampingan dengan Alfedri. Tahun 2015, dia kembali dipercaya untuk kedua kalinya memimpin Siak.

Berhasil memimpin Siak selama tujuh tahun terakhir, Syamsuar merasa terpanggil untuk memperbaiki pembangunan di Riau agar menjadi lebih baik.

0 Response to "Profil Syamsuar Calon Gubernur Riau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel