Cara mencuci beras yang benar

Assalamualaikum sobat, hari ini admin akan memberikan tips bagaimana cara mencuci beras dengan baik dan benar. Makanan pokok dari masyarakat Indonesia adalah beras atau nasi, tapi masih banyak masyarakat yang tidak tahu bagaimana caranya mencuci beras dengan baik dan benar.

Sebelum kita memasuki pembahasan kali ini, sebaiknya kita tambah wawasan kita tentang beras. dikutip dari wikipedia indonesia Beras adalah bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut 'palea' (bagian yang ditutupi) dan 'lemma' (bagian yang menutupi). Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras.



Macam dan warna beras

Warna beras yang berbeda-beda diatur secara genetik, akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, warna endospermia, dan komposisi pati pada endospermia.
  • Beras putih, sesuai namanya, berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras.
  • Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.
  • Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.
  • Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.
  • Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.
Menteri Pertanian (Mentan) Suswono secara resmi meluncurkan beras analog yang berbahan sagu, jagung, dan tepung singkong hasil inovasi Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai kebutuhan pokok pengganti beras padi. Bentuknya pun sama seperti beras padi.

Beberapa jenis beras mengeluarkan aroma wangi bila ditanak (misalnya 'Cianjur Pandanwangi' atau 'Rajalele'). Bau ini disebabkan beras melepaskan senyawa aromatik yang memberikan efek wangi. Sifat ini diatur secara genetik dan menjadi objek rekayasa genetika beras. Di Iran utara, di Provinsi Gilan, banyak kultivar padi Indica termasuk Gerdeh, Hashemi, Hasani, dan Gharib telah dibesarkan oleh petani


Kesalahan dalam mencuci beras


  1.  Mencuci beras hingga air cucian beras tersebut menjadi bening
  2.  Mencuci beras dengan cara menggosok-gosokannya.


Banyak masyarakat yang mencuci beras dengan cara berulang-ulang kali sampai air cucian berasnya menjadi bening atau ada juga masyarakat yang mencuci beras dengan cara digosok-gosok, dan itu sebenarnya cara yang salah. Kenapa cara demikian salah?, ini karena ada kandungan dari beras yang sangat bermanfaat yaitu kandungan vitamin B1 atau thiamin, dan ternyata lokasinya ada di bagian luar dari beras, jadi sangat sayang jika berasnya terlalu dicuci sampai kandungan vitaminnya hilang.



Berikut cara bagaimana cara mencuci beras yang baik dan benar


  1.  Masukkan beras ke dalam wadah
  2.  lalu kita Tuangkan air secukupnya
  3. putar-putar secara perlahan beras tersebut, setelah itu kita akan melihat bahwa kotoran yang ada di beras akan naik ke permukaan air
  4. bersihkan kotoran yang ada di permukaan air tersebut


Kesalahan yang sering kita lakukan adalah kita mencuci beras nya berulang-ulang kali sampai air dari cucian beras menjadi jernih atau kita cuci sambil menggosok-gosok berasnya dan ini sebenarnya tidak baik untuk dilakukan karena banyak vitamin dan multimineral seperti vitamin B1 dan thiamin yang terkandung di dalam beras dan lokasinya ada di bagian luar berasnya dan ini sangat kita butuhkan. Jadi mulai sekarang ayo cuci beras dengan baik dan benar. Sobat, cara hidup sehat dimulai dari hal-hal yang sederhana maka dari itu kita mulai dari sekarang.

Daftar pustaka;
Ayo Hidup Sehat. Mencuci Beras yang Tepat, Ini Tipsnya.... 2018. TvOneNews
Beras. Wikipedia Indonesia

Related Post


Terpublish postingan ini adalah karena rahmat dari Allah Azza wa Jalla, Tidak semua postingan ini tulisan saya. Di persilahkan untuk menyalin tulisan ini. Traktir saya kopi melalui: Paypal

0 Response to "Cara mencuci beras yang benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel