Pelanggaran-pelanggaran Etika dalam Internet

Sedikitnya ada 10 Pelanggaran Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang admin tulis kembali dari modul Teknologi Informasi dan Komunikasi terbitan CV Hayati Tumbuh Subur.


10 Pelanggaran Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi 

1. Hacking

Kejahatan ini berupa kegiatan menjebol sistem keamanan komputer orang lain dengan berbagai tujuan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan apabila pelaku dan korban (komputer) berada di dalam satu jaringan. Jaringan ini dapat berupa Local Area Newtwork (LAN) ataupun internet. Pelaku hacking disebut Hacker (peretas).

2. Cracking

Kejahatan ini dilakukan dengan meretas sistem keamanan korban untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Keuntungan pribadi tersebut dapat berupa password kartu kredit, data perusahaan, dan penggunaan identitas orang lain untuk tujuan tertentu. pelaku cracking disebut Cracker (Criminal Minded Hacker).

3. Political hacking

Kejahatan ini berupa kegiatan meretas suatu sistem atau web dengan tujuan politis. Bentuk umumnya berupa meretas sistem keamanan situs yang dituju dan membuat pernyataan yang menyudutkan korban. Karena bertujuan politis, korban Polotical Hacker umumnya berkutat sekitar tokoh politik atau partai tertentu.

Baca Juga : Tutorial lengkap cara mendapatkan Domain .me gratis 2018 dengan email sekolah atau kampus lokal

4. Deniel of Service Attack (DoS)

Kejahatan bentuk ini dilakukan dengan mengirimkan data yang sangat besar pada suatu situs tertentu. Tujuannya untuk membuat lambat atau berhenti sama sekali yang dituju. Jika mengalami DoS berlebihan, situs tersebut tidak dapat diakses.

5. Penyebaran Virus

Umumnya virus disebarkan mempunyai kemampuannya menggandakan diri. Kerugian yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut tergantung pada jenis virus. Apabila virus bersifat temporer, akibatnya tidak akan begitu merugikan. Namun, apabila virus tersebut merusak sistem komputer, akibatnya akan sangat merugikan. Karena mudah berpindah melalui media penyimpanan data atau surat elektronik, virus komputer sangat cepat menyebar.

6. Fraud

Bentuk kejahatan ini berupa manipulasi informasi, khususnya informasi tentang keuangan dengan tujuan mengeruk keuntungan pribadi.

7. Phising

Kejahatan ini terjadi dalam bentuk mencari informasi berupa alamat surat elektronik/email dan nomor account dengan mengirim email yang seolah-olah datang dari bank tertentu. Tujuannya hampir sama dengan cracking. Dapat juga berupa tampilan situs yang sangat serupa dengan situs terkenal seperti facebook, dengan UI yang sangat serupa orang-orang akan tertipu jika tidak memperhatikan URL yang sedang diakses.

8. Perjudian

Kegiatan yang dimaksud adalah berjudi menggunakan media internet. Kegiatan tersebut dapat merugikan pribadi atau negara. Salah satu kerugiannya berupa praktek pencucian uang.

9. Cyber Stalking

Kejahatan ini berupa tindakan pengiriman email yang tidak diinginkan penerima. Umumnya, email yang dikirim berupa paksaan atau ancaman terhadap penerima.

10. Piracy

Kegiatan ini dilakukan dengan membajak hak cipta orang lain sehingga menghilangkan potensi pendapatan perusahaan atau pembuat program.

Dari sepuluh bentuk pelanggaran dalam dunia teknologi informasi diatas, pelanggaran piracy ini adalah pelanggaran yang paling banyak terjadi di Indonesia. Itulah 10 Pelanggaran Etika dan Moral dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan sobat.

0 Response to "Pelanggaran-pelanggaran Etika dalam Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel