Pengertian Bangsa Menurut para Ahli

Pengertian Bangsa Menurut para Ahli
Pengertian Bangsa Menurut para Ahlinyaالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagi sobat yang sedang mencari materi pelajaran/kuliah tentang Pengertian Bangsa Menurut para Ahlinya admin akan membahasnya pada postingan kali ini.

Pada hakikatnya bangsa merupakan kumpulan masyarakat yang membentuk suatu negara. Berkaitan dengan tumbuh kembangnya bangsa, terdapat berbagai faktor pertimbangan bagi para pendiri negara Indonesia untuk mewujudkan suatu bangsa yang memiliki sifat dan karakter tersendiri.



Pengertian Bangsa Menurut para Ahlinya

Teori Kebangsaan Ernest Renan

Bangsa adalah sekelompok manusia yang berada di dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah dan cita-cita yang sama. Ini berarti walaupun dalam suatu kelompok manusia terdapat berbagai suku, agama, ras, budaya, bahasa, adat istiadat, dan sebagainya, namun mereka memiliki sejarah dan cita-cita yang sama dan dapat disebut dengan bangsa.


Teori Hans Kohn

Hans kohn sebagai seorang ahli di bidang antropologis etnis, mengemukakan teori tentang bangsa. Bangsa itu terbentuk karena persamaan bahasa, ras, agama, peradaban, wilayah, negara, dan kewarganegaraan. Suatu bangsa tumbuh dan berkembang dari akar-akar yang terbentuk melalui suatu proses sejarah.

Teori Geopolitik Frederich Ratzel

Suatu teori kebangsaan baru mengungkapkan hubungan antara wilayah geografis dan bangsa. Teori ini dikembangkan oleh Frederich Ratzel dalam bukunya yang berjudul Political Geography. Teori tersebut mengatakan bahwa negara merupakan suatu organisme yang hidup.
Agar suatu bangsa hidup subur dan kuat maka negara tersebut memerlukan suatu ruangan untuk hidup yang dalam bahasa Jerman disebut Lebenstraum. Negara-negara besar memiliki semangat ekspansi, militerisme, serta optimisme. Teori ini bagi bangsa negara negara modern mendapat sambutan yang cukup hangat terutama Jerman namun sisi negatifnya menimbulkan semangat kebangsaan chauvinisme.

(Adapun pengertian Chauvisme adalah bentuk dari perasaan cinta, bangga, royalitas yang tinggi, fanatisme atau kesetiaan pada tanah air (negara) tanpa mempertimbangakan pandangan dari orang lain satu bangsa lain . Chauvinisme merupakan ajaran dan paham tentang fanatisme seseorang terhadap tanah air yang berlebihan sehingga merendahkan kualitas negara lain atau menganggap bangsa lain sebagai bangsa yang tidak bagus. paham seperti ini cenderung menimbulkan lebih banyak kontra yang kontroversial dan pandangan buruk dari bangsa lain.)


Jacobsen dan Lipman

Bangsa adalah kesatuan budaya (Cultural Unity) dan satu kesatuan politik.


Otto Bauer

Bangsa adalah sekelompok manusia yang mempunyai persamaan karakter. Karakter tumbuh karena adanya persamaan nasib.

Semoga postingan Pengertian Bangsa Menurut para Ahli dapat membantu sobat dalam belajar. Tetap kunjungi situs ini untuk dapatkan informasi dan pendidikan.

0 Response to "Pengertian Bangsa Menurut para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel