Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli
Pengertian hukum - السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagi sobat yang sedang mencari pengertian hukum menurut para ahlinya, sobat dapat membacanya pada postingan ini. Untuk memberikan pengertian hukum secara pasti agak sulit karena setiap pakar mendefinisikan hukum sesuai dengan pandangannya sendiri sendiri. Namun demikian untuk memberikan pegangan di bawah ini ada beberapa pengertian hukum yang dikemukakan oleh para ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Fungsi, Tujuan, dan Sifat Hukum


Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

J.C.T Simorangkir, S.H dan Woerjono Sastropranoto

hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib.

MH Tirtaamidjaja, S.H

hukum adalah sebuah aturan yang harus dituruti dalam tingkah laku tindakan-tindakan dalam pergaulan hidup dengan ancaman mesti mengganti kerugian.

Imanuel Kant

Hukum adalah keseluruhan syarat-syarat yang dengan ini kehendak bebas dari orang yang satu dapat menyesuaikan diri dengan kehendak bebas dari orang lain, menuruti aturan hukum tentang kemerdekaan.

S.M. Amin, S.H

Hukum adalah kumpulan peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi-sanksi. tujuan hukum adalah mengadakan tata ketatatertiban dalam pergaulan manusia sehingga keamanan dan ketertiban terpelihara.

Leon Duguit

hukum ialah aturan tingkah laku para anggota masyarakat, aturan yang daya penggunaannya pada saat tertentu diindahkan oleh suatu masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama dan yang jika dilanggar menimbulkan reaksi bersama terhadap orang yang melakukan pelanggaran itu.

Ultrecht

hukum adalah himpunan peraturan-peraturan (perintah dan larangan) yang mengurus tata-tertib suatu masyarakat dan karena itu harus ditaati.

Prof. Mr. EM Meyers

Hukum adalah suatu peraturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan, ditunjukkan kepada tingkah-laku manusia dalam masyarakat dan menjadi pedoman bagi pengusaha-pengusaha negara dalam melakukan tugasnya.

0 Response to "Pengertian Hukum Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel