Cara Cepat belajar Berhitung Untuk Anak-anak

Anak - anak merupakan permata yang sangat berharga. Anak - anak biasanya akan dengan mudah dalam menghafalkan atau mempelajari sesuatu. Yang bila hal ini di manfaatkan dengan baik akan menjadikan ia memiliki bekal yang luar biasa untuk masa depannya. Belajar setiap hari adalah cara mudah untuk membentuk kepribadian anak.

Ada tingkatan dalam belajar anak mulai usia beberapa tahun, masuk sekolah TK sampai dengan menginjak Sekolah Dasar (SD). Saat masuk TK mungkin masih di ajar untuk membaca dan mengenal angka. Adapun jika belajar berhitung itu hanya seputar penjumlahan dan pengurangan saja. Sedangkan untuk perkalian dan pembagian saat sudah memasuki sekolah SD.

Peran orang tua dalam mengajar di rumah sangat besar pengaruhnya jadi bagaimana cara mengajar yang efektif baik membaca dan berhitung. Disini yang sedikit sulit adalah mengajarkan berhitung supaya cepat bisa. Cara ini cukup mudah jadi anda bisa praktekkan. Berikut ini adalah 5 cara belajar berhitung cepat untuk anak SD dan TK.

5 Cara belajar Berhitung Cepat Untuk Anak SD dan TK

  1. Gunakan Pengambaran Media Visual yang biasa hadir dalam kehidupan Anak
  2. Gunakan Alat Bantu
  3. Biasakan untuk belatih setiap hari
  4. Berikan contoh – contoh
  5. Pahami kemampuan anak dan terus asah

1. Gunakan Pengambaran Media Visual yang biasa hadir dalam kehidupan Anak

Anak biasanya akan terlihat mudah melakukan perhitungan saat ia melihat wujud nyata dari perhitungan yang akan dia lakukan. Gunakan pengambaran misalnya ada penjumlahan sejumlah angka. Anda kebetulan mengetahui anak Anda menyukai buah – buah maka caranya cukup mudah. Misal ada perkalian 3 x 3 maka ibarat angka tersebut dengan buah kesukaan dia. Berikan pernyataan seperti ini. Misal ada 3 buah pisang kemudian adek diberi lagu oleh paman 3 pisang lagi. Berapa pisang adek sekarang?

2. Gunakan Alat Bantu

Alat bantu ini tidak perlu yang mahal mahal cukup yang menurut Anda efektif digunakan belajar untuk anak. Misalnya dengan menggunakan smartphone. Anak zaman sekarang sudah terbiasa menggunakan gadget untuk itu gunakan momen ini untuk membuat anak Anda mengetahui cara pengunaan teknologi dengan baik sekaligus mengajarkan berhitung pada anak. Anda dapat mudah mendownload aplikasi pembelajaran berhitung untuk anak pada Google Playstore. Selain tampilannya yang menarik anak Anda juga dapat langsung menggunakan teknologi dengan bijak dan benar.


3. Biasakan untuk belatih setiap hari

Semakin sering latihan maka semakin bertambah pula ilmu yang didapat anak – anak ini menjadi penting karena seperti ungkapan dalam bahasa inggris. Pratice make perfect. Semakin Anda terus memberikan soal kepada anak Anda semakin terlatih dan mahir juga ia. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan berlebihan. Cukup sering namun tidak over. Jika over biasanya anak Anda malah akan malas belajar. Pelajari kesukaannya dan gunakan media tersebut untuk mengajarkan berhitung pada anak.


4. Berikan contoh – contoh

Berikan pemahaman dan materi dari soal – soal yang sudah Anda kerjakan sebelumnya sehingga akan membuat anak – anak lebih mengerti. Jangan memaksakan dengan soal – soal yang rumit dan susah mulai dari hal – hal kecil, soal – soal sederhana dan jika dirasa sudah memahami, mintalah ia untuk praktek jika sudah mahir tambah lagi tingkat kesulitan soal.


5. Pahami kemampuan anak dan terus asah

Langkah selanjutnya agar anak TK ataupun SD dapat berhitung dengan cepat adalah dengan sabar mengajari ia. Ia tau yang terbaik untuk dirinya sendiri untuk itu Anda sebagai orang tua atau yang berperan mengajari anak harus bisa menyesuaikan dan tidak memaksakan kehendak Anda. Kuncinya adalah selalu sabar karena dengan itu Anda akan menjadi seseorang yang menurut anak Anda merupakan patner yang tepat untuk belajar. Dengan begitu anak Anda juga akan merasa nyaman saat belajar dengan Anda.

Jangan lupa untuk selalu mengajari anak Anda berdoa sebelum melakukan sesuatu. Karena dengan menanamkan nilai – nilai religius dalam anak. Anda akan menjadikan anak Anda sebagai seseorang yang memiliki jiwa agamis yang tinggi dan ini berarti Anda akan dengan mudah mengajari anak Anda hal lain. Karena jika nilai nilai budaya dan sopan santun sudah tertanam dengan baik kepadanya maka akan dengan mudah juga lainnya mengikuti. Mulailah dengan sopan santun, agama dan diikuti dengan pelajaran berhitung, membaca dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips, trik dan cara belajar berhitung cepat untuk anak SD dan TK. Jika sudah memasuki tingkat SLTP atau SMP maka orang tua cukup melakukan pengawasan dan pengarahan terhadap hal yang baik saja. Bagaimana dengan 5 cara di atas apakah masih merasa kesulitan, boleh berbagi pertanyaan di kolom komentar atau bisa juga berkunjung ke Blog Defantri
Temukan kata-kata bijak harian, bulanan, maupun hari-hari besar di mastimon.com

0 Response to "Cara Cepat belajar Berhitung Untuk Anak-anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel