Cara Mudah Mempertajam Daya Ingat Otak untuk Remaja

Terkadang pelajaran yang baru dipelajari kemarin hari ini sudah tidak ingat lagi, apa sebenarnya penyebab menurunnya daya ingat otak?. Kapan seharusnya daya ingat itu menurun?. Namun, saat ini daya ingat itu menurun tidak saat manusia berusia lanjut, tetapi remaja saat ini juga mengalami hal yang sama.

Kira-kira apa penyebabnya?

Penyebabnya ada pada saraf otak yang mengakibatkan sulit untuk fokus. Sulit fokus akan mengakibatkan seseorang sulit juga dalam mengingat. Untuk mengatasi ini kita harus menghilangkan penyebab sulit fokus tersebut.

Kapan seharusnya daya ingat menurun?

Tidak ada yang tahu kapan persisnya daya ingat seseorang akan menurun. Tapi berdasarkan kebanyakan orang dapat diperkirakan daya ingat akan cenderung menurun di usia 60an ke atas. Berdasarkan data itu, seharusnya kaum muda atau remaja mempunyai kemampuan mengingat yang kuat. Tapi faktanya sering kita jumpai remaja juga kadang sulit untuk mengingat kembali sesuatu yang sudah lewat. Terlebih lagi mengingat pelajaran!

Selain mengurangi beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan, Kami juga menyarankan kamu melakukan beberapa tips mudah berikut untuk menguatkan kembali daya ingat otak.

Tips mempertajam daya ingat otak

1. Sibukkan Diri dengan Hal yang Positive

Menyibukkan diri dengan hal yang positvie dapat menguatkan ingatan sobat. Pastikan pikiran tidak kosong agar hal negatife tidak mempengaruhi otak. Perbanyaklah membaca buku yang bermanfaat, dengan terus melatih otak untuk hal yang bermanfaat akan memperkuat daya ingat otak.

2. Kendalikan Hawa Nafsu

Hawa nafsu yang dimaksud adalah pikiran yang negatif. Menundukkan pandangan dari hal-hal yang diharamkan oleh allah azza wajaalla dapat membuat pikiran menjadi jernih. Coba ketika sobat kepasar lalu ada seorang wanita dengan menggunakan pakaian yg terbuka lewat dihadapan sobat lalu sobat memandangnya dengan penuh nafsu dapat dipastikan isi pikiran sobat akan terisi dengan hal yang negatif. Konsentrasi sobat akan menjadi terganggu, dan akibatnya daya ingat menjadi lemah. Ingat perbanyaklah mengingat pemutus kenikmatan agar pikiran sobat tetap jernih.

3. Belajar yang Sering

Kemampuan kita untuk mengingat memang ada batasnya. Ingatnya seperti perumpaan sebuah pisau, jika selalu diasah maka pisau itu akan tajam. Jika kita bosan untuk melalukan hal yang terus menerus, coba beralih ke kegiatan positif lainnya.

4. Rajin Beribadah

Rajin datang ke pengajian, melaksankan sobat dapat menenangkan hati dan pikiran, karena tenangnya hati dan pikiran kunci dari ingatan yang kuat.

Kuat tidaknya daya ingat manusia tergantung pada kebiasaan yang kita lakukan.
Daya ingat tidak dapat dibuat tetapi harus sering kita latih. Sekian tips untuk mempertajam daya ingat untuk remaja semoga dapat membantu sobat sekalian.

0 Response to "Cara Mudah Mempertajam Daya Ingat Otak untuk Remaja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel