tips mudah bermain Ragnarok dengan cepat

Gravity Interactive inc. telah meluncurkan game Ragnarok M: Eternal Love pada akhir Oktober lalu. Game bergenre MMORPG ini hadir lewat perangkat mobile. Ragnarok M: Eternal Love sendiri menghadirkan gameplay yang sama dengan Ragnarok Online, namun dengan tampilan grafis yang lebih detail dibandingkan versi Ragnarok Online di tahun 2000.

Nah, bagi kamu yang sudah bermain Ragnarok M: Eternal Love dan belum paham atau mengalami kendala saat bermain, saya punya tips dan trik bermain Ragnarok M: Eternal Love. Berikut tips dan triknya.

1. Menentukan Job dan Bangun Sejak Awal

Dalam game Ragnarok M: Eternal Love, sama seperti game MMORPG pada umumnya, melibatkan distribusi stat dan perubahan job, sangatlah penting untuk kamu membangun karaktermu sebelum memulai permainan. Jika kamu memutuskan satu kelas, lalu kemudian kamu mempertimbangkan kelas lain, statsmu mungkin ternyata menghasilkan karakter yang tidak efektif, hal ini membuat usahamu sia-sia atau mungkin kamu akan bekerja pada karakter lain.



Di sisi lain, setiap job kedua dalam game memiliki keahlian yang bergantung pada stat berbeda yang dibangun dari job pertama. Mengenai job kedua, masing-masing dapat memiliki keahlian yang berbeda untuk dipertimbangkan tergantung job yang kamu pilih. Sebagai contoh Priest yang dibangun untuk pertempuran memiliki stats dan persyaratan skill yang berbeda dibandingkan dengan full support.

Sekedar untuk memberitahu sedikit pilihan job yang tersedia di Ragnarok M: Eternal Love untuk pemain baru, 6 job yang bisa untuk dipilih cukup unik, kamu harus tahu job mana yang sesuai dengan gaya bermainmu. Berikut 6 pilihan job yang tersedia di game ini:


  • Swordman – Keunggulan: Jarak dekat, jago dalam serangan fisik, memiliki serangan dan pertahanan yang tinggi.
  • Thief – Keunggulan: Jarak dekat, flee (kemampuan menghindar) tinggi, aspd cepat.
  • Archer – Keunggulan: Jarak jauh, jarak serangan sangat jauh, karakter dengan DPS tertinggi pada job satu.
  • Magician/Mage – Keunggulan: Serangan magic yang cukup besar dan mampu melancarkan serangan area.
  • Acolyte – Keunggulan: Jarak jauh, memiliki skill magic, support, dapat melakukan healing (memulihkan max HP).
  • Merchant – Keunggulan: Serangan besar, dapat membeli barang dengan murah dan menjual dengan harga tinggi.
  • Cara ganti job


Syarat utama untuk mengganti job dari novice, yaitu karakter harus mencapai level 10 dengan cara leveling terlebih dahulu.


2. Menyelesaikan Quest Dalam Satu Area Sekaligus

Ada banyak quest yang bisa dilakukan dan diselesaikan di dalam game Ragnarok M: Eternal Love. Beberapa mungkin seperti hanyalah tugas-tugas sepele, yang lain lebih menantang dan harus lebih kuat untuk menyelesaikannya.

Ketika kamu memulai petualangan di South Prontera, kamu akan segera melihat tanda seru di mini-map di atas ada beberapa NPC apabila kamu cukup dekat untuk melihat mereka. Sebenernya kamu tidak perlu menyelesaikan satu misi sebelum mengambil tugas lain dari NPC yang ada disekitar, kamu dapat dengan bebas menyelesaikan banyak misi sekaligus.

Perlu diingat bahwa sebagian besar misi mengirim kamu bolak-balik di map, beberapa misi sebenarnya berevolusi di sekitar area yang sama atau mengharuskan kamu untuk farming monster yang sama. Karena ada quest yang mengharuskan kamu untuk pergi ke map yang berbeda untuk quest selanjutnya, pastikan kamu memprioritaskan quest lain yang dapat kamu tingkatkan dalam map karena beberapa dari mereka akan mengarahkan kamu ke map yang sama di kemudian hari.



Kamu akan menghadapi banyak monster yang berbeda dengan mudah dan mungkin kamu akan tergoda untuk farming terus menerus sampai memenuhi tujuanmu. Setelah kamu mendapatkan EXP, Zeny (mata uang di game ini), terkadang beberapa loot untuk membunuh monster tidaklah sebanyak yang kamu dapatkan dari menyelesaikan misi. Jadi, daripada mengejar monster, kamu bisa lebih cepat naik level dan menghasilkan lebih banyak Zeny dengan menyelesaikan setiap misi secepat yang kamu bisa dan melanjutkan ke misi berikutnya.

3. Terapkan Job Class Pertamamu di Level 10

Hanya untuk pencerahan, ada dua set pengalaman yang kamu dapatkan di Ragnarok M: Eternal Love, sama seperti sebagian besar game Ragnarok. Yang pertama, pengalaman dasar yang berlaku untuk level sebenarnya dari karaktermu sementara job experience tumbuh pada job atau kelas yang kamu pilih. Dengan setiap kenaikan level awal, kamu mendapatkan 3 poin stats yang dapat didistribusikan ke atribut manapun yang kamu pikir perlu ditingkatkan.

Ingatlah bahwa stat atribut point butuh tumbuh lebih tinggi untuk setiap atribut karena atribut tertentu juga meningkat. Job level, di sisi lain memberi kamu imbalan skill point yang dapat digunakan ke berbagai skill. Karena kamu tidak akan pernah mendapatkan point yang cukup untuk memaksimalkan semua skill yang dapat kamu peroleh, penting untuk merencanakan sebelumnya bahkan memutuskan untuk menggunakan skill point.

Meskipun kamu disuruh untuk memilih kelas terlebih dahulu sebelum memulai permainan, pemilihan job yang sebenarnya terjadi saat kamu mencapai level 10 dan melalui beberapa quick quest. Kunjungi dan berbicara dengan Eden Team Coach, Poya (NPC pertama yang kamu ajak bicara) yang terletak tepat di bawah Prontera South Gate begitu kamu mencapai level 10 dan ia akan menginstruksikan kamu untuk pergi ke Prontera. Cukup ikuti penanda map yang akan mengarahkan kamu ke beberapa orang dan lokasi. Terus lanjutkan sampai kamu mencapai Adventurer’s League HQ di mana kamu akan melihat Higgy Eez, mentor senior Adventurer’s Guild, serta karakter lain yang mewakili masing-masing keals.



Jika kamu belum terbiasa dengan setiap kelas dengan kostum mereka, jangan ragu untuk mendekati siapapun karena kamu masih bisa melihat job lain setelah berbicara dengan NPC ini. Setelah kamu memutuskan, dekati mentor NPC dan dia akan mengajukan beberapa pertanyaan sebelum mengirim kamu ke combat test. Di levelmu, seharusnya ini tidak menjadi masalah. Setelah melalui itu, ceremony akan berlangsung untuk perubahan jobmu.


4. Kunjungi Mission Boards dan Ambil Misi yang Ditawarkan

Banyak quest yang bisa kamu dapatkan dari kota dan lokasi di perjalananmu, Ada Mission Boards yang tersebar di berbagai kota yang menawarkan EXP dan banyak Zeny. Kamu hanya dapat mengambil quest ini satu per satu dan quest biasanya mudah diselesaikan.



Setelah kamu menyelesaikan satu quest, pastikan untuk kembali ke Mission Board manapun untuk mendapatkan reward serta untuk mengambil misi berikutnya. Pastikan untuk mencatat di mana sebagian besar misi akan berlangsung dan ingat untuk simpan di Kafra station dekat dengan tempat yang sebagian besar quest akan terjadi untuk menghemat waktu perjalananmu.

5. Membawa Potion dan Fly Wings

Terlepas dari job yang kamu pilih, kamu mungkin perlu membeli dan membawa beberapa Red Potion dan Blue Potion. Jumlah yang kamu bawa mungkin tergantung job kamu. Acolytes mungkin tidak perlu lagi membawa banyak Red Potion dan malah lebih banyak menyimpan Blue Potion.

Job yang tidak terlalu bergantung pada skill dapat memilih untuk membawa lebih banyak Red Potion sebagai gantinya. Mengingat akan ada banyak jalan panjang melintasi map, terutama ke lokasi yang jauh dari Kafra Transports, Fly Wings, dan Wings Butterfly, keduanya (Red Potion dan Blue Potion) merupakan barang penting yang harus kamu miliki bersamamu. Fly Wings teleport kamu dalam map dan tidak hanya untuk berpergian jauh, tetapi juga bagus untuk keluar secara darurat ketika kamu berada dalam keadaan bahaya. Butterfly Wings, di sisi lain menteleport kamu ke kota atau daerah tempat kamu terakhir kali menyimpan menggunakan Kafra Service.

5. Membawa Potion dan Fly Wings

Terlepas dari job yang kamu pilih, kamu mungkin perlu membeli dan membawa beberapa Red Potion dan Blue Potion. Jumlah yang kamu bawa mungkin tergantung job kamu. Acolytes mungkin tidak perlu lagi membawa banyak Red Potion dan malah lebih banyak menyimpan Blue Potion.

Job yang tidak terlalu bergantung pada skill dapat memilih untuk membawa lebih banyak Red Potion sebagai gantinya. Mengingat akan ada banyak jalan panjang melintasi map, terutama ke lokasi yang jauh dari Kafra Transports, Fly Wings, dan Wings Butterfly, keduanya (Red Potion dan Blue Potion) merupakan barang penting yang harus kamu miliki bersamamu. Fly Wings teleport kamu dalam map dan tidak hanya untuk berpergian jauh, tetapi juga bagus untuk keluar secara darurat ketika kamu berada dalam keadaan bahaya. Butterfly Wings, di sisi lain menteleport kamu ke kota atau daerah tempat kamu terakhir kali menyimpan menggunakan Kafra Service.

6. Mengunjungi Monster Watcher Setiap Hari



Mosnter Watcher memberimu dua kali per hari untuk mengunjungi lokasi di mana dapat memberikan Exp sebanyak 10 kali lipat. Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak EXP dan naik level dengan cepat, pastikan untuk memanfaatkan ini. Meskipun ada batasan untuk berapa banyak yang kamu hasilkan, itu masih merupakan bantuan besar buat kamu dan tidak boleh diabaikan karena nanti beberapa quest akan memiliki persyaratan level minimum dan kamu pasti ingin meleawti itu dengan cepat.


7. Cek Inventory Secara Teratur

Dari banyak hal yang kamu pelajari dan jelajahi di Ragnarok M: Eternal Love, kamu mungkin lupa dengan loot yang kamu kumpulkan dari semua quest. Beberapa hadiah yang kamu terima mungkin dalam bentuk kotak hadiah yang harus kamu buka lebih cepat daripada nanti. Waspadalah, untuk setiap 10 level yang kamu capai, ada Growth Pack yang berisi hadiah yang mencakup Zeny dan barang lainnya. Sangat bagus untuk menggunakannya ketika itu tersedia untuk membuat quest selanjutnya relatif lebih mudah.



Di sisi lain, ada juga batasan untuk barang yang bisa kamu bawa. Karena kamu tidak perlu semua barang sekaligus, pastikan untuk menyimpannya di Kafra Storage setelah hampir penuh. Ada biaya Zeny setiap kali kamu menggunakan layanan, jadi berhati-hatilah ketika menyimpan barang dan mengambil kembali beberapa barang.

8. Bergabung Dalam Sebuah Party atau Membuatnya

Mengingat bahwa MMORPG tidak didesain untuk gamer yang senang bermain sendiri, silahkan bergabung di sebuah party dan dapatkan beberapa teman baru.

Jika kamu memiliki teman yang juga bermain game ini, maka akan lebih baik bermain dengan mereka terutama ketika kamu cukup berkoordinasi dalam memilih job dalam party. Jika tidak ada, jangan ragu untuk mencoba dan berteman dengan ribuan orang di internet. Jadi, cobalah mempertimbangkan untuk berada di sebuah party terutama ketika kamu kesulitan dengan quest tertentu.

9. Bergabung dengan Guild Secepatnya

Guild sangat penting dalam game ini dan akan sangat sulit maju dalam permainan tanpanya. Meskipun kamu sudah mengajukan satu permintaan untuk bergabung dengan Guild di level 1. Jika kamu mengingkannya, kamu bisa membuat Guild sendiri, namun kamu harus mencapai level 20 barulah bisa membuat Guild sendiri.

Guild tidak hanya berfungsi sebagai sumber teman yang lebih cocok denganmu untuk quest dan hunting, tapi juga ada banyak manfaat dan aktivitas lain yang hanya tersedia bagimu setelah kamu menjadi anggota Guild. Namun seperti kebanyakan game, kamu ingin bergabung dengan Guild yang aktif dan banyak anggotanya karena pertumbuhan Guild itu sendiri bergantung pada aktivitas dan kontribusi setiap anggota.

10. Mengecek Adventure Book



Salah satu fitur baru di Ragnarok M: Eternal Love adalah Adventure Handbook yang berfungsi sebagai buku harian tentang banyak hal yang berkaitan dengan petualanganmu. Setiap monster dan NPC yang kamu temui, serta headwear, pet, dan achievement yang kamu dapatkan tercatat di sini. Saat kamu mencapai progres baru, kamu bisa menambahkan beberapa di sini secara manual dengan mengklik tanda “+”. Kemudian kamu akan mendapatkan adventure experience dan terkadang koin Eden juga.

11. Tetap Dalam Batas Auto-Battle AFK Combats

Kamu mungkin cenderung menggunakan auto-battle untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman dan loot saat kamu jauh dari game dan melakukan hal lain, kamu harus sadar bahwa melakukan ini tanpa batas akan mendapatkan manfaat tanpa batas. Umumnya, ini dikenal sebagai grinding, yang merupakan hal paling sulit yang dilakukan para hardcore gamers.

Ragnarok M: Eternal Love menempatkan batas untuk drop rate dan EXP yang kamu peroleh dalam sehari melalui combatnya, yaitu sekitar 300 menit per hari. Setelah kamu melampaui batas ini, exp yang kamu dapatkan dan drop rate akan berkurang. Waktu tempur yang tidak digunakan akan diakumulasikan, untuk maksimum hingga 600 menit. Kamu bisa melihat berapa banyak waktu tempur yang tersisa dengan mengklik ikon “More” di sudut kanan atas layarmu dan mengklik Settings.

Belum ada Komentar untuk "tips mudah bermain Ragnarok dengan cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel