7 Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Pemain Sepak Bola

Sepak bola merupakan sebuah olahraga yang paling heboh di dunia ini. Semakin hari jumlah penggemar olahraga ini terus bertambah. Begitu juga dengan peminat profesi sebagai pemain sepakbola kian hari juga semakin ramai. Menjadi seorang pemain sepakbola profesional tentu membutuhkan bakat alami. Selain bakat, penguasaan teknik dasar sepak bola juga menentukan kesuksesan pemain.

Ketika seorang pemain sudah menguasai teknik dasar dari sepakbola, maka akan dengan mudah untuk mengembangkannya. Selain itu, teknik dasar bermain sepakbola juga penting sebagai media kerjasama antar rekan satu tim untuk mengupayakan kemenangan. Secara umum, ada tujuh teknik dasar permainan sepakbola yang wajib dikuasai oleh calon pemain profesional.

7 Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Pemain Sepak Bola

1. Menggiring Bola (dribbiling)

Dalam permainan sepakbola, teknik dasar pertama yang harus dikuasai seorang pemain bola adalah dribbling. Teknik menggiring bola atau dribbling dapat Anda lakukan dengan membawa bola berlari menggunakan kaki sekaligus mengotrol laju bola. Ada beberapa variasi teknik yang dapat Anda terapkan saat menggiring bola, yaitu:
Speed dan closed dribbling
Speed dan closed dribbling merupakan teknik yang paling sering dipraktekkan oleh para pemain bola. Teknik speed dribbling dapat Anda lakukan dengan menendang bola ke depan kemdian berlari mengejarnya. Sementara itu, teknik closed dribbling dapat Anda lakukan dalam situasi dihimpit oleh pemain lawan. Teknik ini dapat dilakukan dengan menggiring dan mengontrol bola secara seksama.
Menggiring bola dengan punggung kaki
Variasi teknik dribbling berikutnya adalah menggiring bola dengan punggung kaki. Ada empat tahapan yang harus Anda lakukan untuk menerapkan teknik ini. Pertama, pastikan pandangan Anda lurus ke depan. Kedua, taruh bagian depan kakimu di ujung bola. Ketiga, dorong bola dengan menggunakan punggung kaki. Keempat, lakukan beberapa kali dan hentikan dengan telapak kaki.
Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
Anda juga bisa menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam. Ketika akan menerapkan teknik ini di lapangan terdapat empat tahapan yang harus dilakukan. Pertama, pandangan mata lurus ke depan. Kedua, putar pergelangan kaki ke arah luar. Ketiga, dorong bola dengan menggunakan kaki bagian luar. Keempat, lakukan beberapa kali dan hentikan dengan telapak kaki.
Menggiring bola dengan kaki bagian luar
Teknik dribbling terakhir yang dapat Anda terapkan adalah menggiring bola dengan kaki bagian luar. Dalam menerapkan teknik ini, lakukan step yang sama seperti saat Anda menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Akan tetapi ada sedikit perbedaan, dimana dalam teknik ini Anda harus memutar pergelangan kaki ke dalam lalu baru mendorong bola.

2. Teknik mengoper bola (passing)

Jika dribbling merupakan teknik dasar sepakbola berbasis individu, maka beda halnya dengan passing yang berguna untuk kolektivitas permainan secara tim. Sepak bola merupakan sebuah permaianan yang mengandalkan kerjasama antar pemain. Kerjasama dapat dilakukan antar pemain dengan cara saling mengoper bola untuk menembus pertahanan lawan.

Ada beberapa jenis passing yang lazim digunakan dalam permainan sepakbola. Diantaranya adalah passing pendek, panjang dan through pass atau umpan terobosan. Teknik ini dapat Anda lakukan dengan cara memposisikan badan menghadap bola dan fokus pada pemain yang akan diumpan. Kemudian, tarik dan ayunkan kaki untuk menendang bola sesuai power ke arah rekan satu tim.

3. Teknik Menghentikan Bola

Dalam bermain sepakbola, Anda tidak hanya membutuhkan keterampilan teknik menggiring dan mengoper bola. Akan tetapi, Anda juga perlu menguasai teknik menghentikan bola untuk menerima operan dari rekan setim. Anda dapat menghentikan bola dengan menggunakan beberapa bagian tubuh seperti kaki, dada dan paha.
Teknik menghentikan bola dengan kaki
Ada empat bagian kaki yang dapat Anda pergunakan untuk menghentikan bola, yaitu luar, dalam, telapak dan punggung. Cara penerapan teknik ini cukup sederhana, dimana Anda harus fokus terhadap bola yang diumpan. Kemudian, hentikan bola tersebut dengan bagian kaki bergantung pada arah datangnya. Setelah bola dihentikan, pastikan Anda menjaganya agar tidak direbut lawan.
Teknik menghentikan bola dengan dada
Anda dapat menghentikan bola dengan menggunakan dada apabila mendapatkan umpan lambung. Cara menghentikan bola dengan dada dapat Anda lakukan dengan terlebih dahulu fokus pada arah datangnya bola. Kemudian, maju atau mundurkan badan serta lebarkan kedua tangan dan dada. Terakhir tahan bola tersebut dengan menggunakan dada.
Teknik menghentikan bola dengan paha
Selain kaki dan dada, pada saat tertentu Anda juga bisa menggunakan paha untuk menghentikan bola. Cara yang dapat Anda terapkan hampir sama seperti menghentikan bola dengan kaki dan dada. Namun, dalam teknik ini ada sedikit perbedaan yaitu saat bola datang Anda perlu mengangkat satu kaki. Kemudian, sedikit gerakkan kaki tersebut agar bola jatuh sempurna di depan kaki Anda.

4. Teknik Menendang Bola (shooting)

Jika teknik dasar sepakbola passing dan dribbling efektif dalam membongkar pertahanan lawan, maka shooting berguna untuk membobol gawang mereka. Dalam permainan sepakbola, Anda dapat menggunakan tiga variasi teknik shooting. Ketiga teknik shooting tersebut adalah menggunakan bagian luar, dalam dan punggung kaki.

Ketiga teknik tendangan ini dapat Anda lakukan dengan membidik target yaitu gawang lawan. Lalu, posisikan badan dan taruh kaki kiri atau kanan di samping bola. Selanjutnya, ayunkan kaki terkuat yang digunakan untuk menendang dan fokuskan tenaga pada bagian atas telapak kaki. Pemilihan bagian kaki mana untuk menendang akan mempengaruhi seberapa kuat tendangan Anda

5. Teknik menyundul bola (heading)

Permainan sepakbola tidak hanya bergantung pada peranan kaki Anda. Ada kalanya, Anda akan menerima umpan lambung yang mustahil untuk diterima dengan menggunakan kaki. Oleh karena itu, Anda perlu menyikapi kondisi ini dengan menyundul bola menggunakan kepala. Ada dua tujuan Anda melakukan heading yaitu mencetak gol dan melakukan passing kepada rekan setim.

Dalam melakukan teknik ini, Anda harus mengkoordinasikan posisi badan dan lompatan pada waktu yang tepat. Selanjutnya, gunakanlah dahi Anda untuk menyundul bola. Selam ini, kesalahan dasar yang sering dilakukan oleh pemain bola bahkan profesional sekalipun adalah melakukan heading dengan ubun-ubun. Terakhir, arahkan bola sesuai keinginan Anda, baik mencetak gol atau passing.

6. Teknik melakukan lemparan ke dalam (throw in)

Teknik yang satu ini akan Anda lakukan ketika di tengah pertandingan terjadi situasi out karena bola keluar lapangan. Agar pertandingan kembali berjalan maka Anda harus melakukan lemparan ke dalam. Teknik ini dapat Anda lakukan dengan cara memposisikan tangan di belakang kepala. Lalu, lempar bola tersebut dengan kedua tangan serta jinjitkan kaki agar lemparan lebih bertenaga.

7. Teknik menangkap bola (goalkeeping)

Suatu tim sepakbola terdiri dari 11 pemain, dimana terdapat satu orang yang berposisi sebagai penjaga gawang. Peranan penjaga gawang adalah bukan untuk mencetak gol. Sebaliknya, kiper ditugaskan untuk menjaga gawang agar tidak dibobol lawan. Oleh karena itu, teknik dasar sepakbola yang wajib dikuasai oleh seorang kiper yaitu menangkap bola.

Itulah 7 teknik dasar yang harus kamu ketahui tentang sepak bola agar mereka dapat menjadi pemain yang profesional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel