Apa itu Garansi TAM dan Garansi Distributor

Buat sobat semua pernah melihat Box HP yang bersegelkan TAM ataupun bersegelkan Bless, B-cell, 1Platinum, OS Waranty atau lainnya di smartphone. Masih banyak dari kita yang belum mengetahui apakah garansi resmi, garansi distributor tersebut.

Pengertian Tentang Garansi Resmi dan Garansi Distributor

Garansi TAM

Garansi TAM merupakan garansi Resmi indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan asal tiongkok yaitu Xiaomi, dan hpnya pun dibuat langsung di indonesia. Garansi Resmi tam untuk xiaomi redmi note 5 dus boxnya berwarna merah dan orange yang sudah berbahasa indonesia dan bersegelkan tam. Dan

Garansi Distibutor

Garansi Distibutor merupakan garansi dari sebuah perusahaan penyuplay yang langsung mengambil hpnya dari luar negri. Ada beberapa nama Garansi Distributor diindonesia yang bisa kalian ketahui contohnya B-Cell, Bless, 1Platinum, OS Waranti dan masih ada lainya. Untuk hp xiaomi redmi note 5 sendiri dus yang dapat dikenali adalah dus orange Global version dan dus merah bertuliskan china.

Lalu bagaimana soal kualitas barang?

Seharusnya kualitas yang dimiliki dari masing-masing distributor, baik yang resmi maupun tidak resmi adalah sama karena sama-sama didatangkan dari vendor yang juga sama. Namun produk yang didatangkan oleh distributor tidak resmi biasanya bukanlah merupakan produk yang ditujukan untuk pasar Indonesia.

Misalnya produk yang dipasarkan di Indonesia secara resmi adalah produk Z2 class 1, 2 dan 3. Sedangkan distributor tidak resmi mendatangkan produk Z2 class 2, 3, 4, dan 5 dimana tiap “class” ini memiliki spesifikasi yang berbeda. Kerugiannya adalah jika kamu membeli produk Z2 clas 4 atau 5 yang sebenarnya tidak ditujukan di pasar Indonesia, maka nantinya kamu akan kesulitan ketika melakukan service karena spare part dari produk tipe tersebut tidak tersedia di service center resmi vendor X yang terdapat di Indonesia. Bahkan di pasaran bebas dalam negeri pun, spare part tersebut juga akan sulit untuk dicari. Dan ini adalah kerugian yang kedua.

Biasanya harga yang ditawarkan untuk produk yang didatangkan dari oleh distributor tidak resmi sedikit lebih murah sehingga akan menarik minat konsumen. Kenapa bisa lebih murah? Menurut perkiraan mimin, mungkin hal itu karena tidak adanya kerjasama eksklusif dengan vendor yang bersangkutan soal jaringan service center.

Atau bahkan, konon beberapa produk yang didatangkan oleh distributor non resmi ternyata tidak membayar pajak, atau dengan kata lain adalah barang selundupan alias black market (BM). Maka, jangan heran jika ternyata produk-produk yang secara resmi diijinkan untuk beredar di Indonesia ternyata sedikit lebih mahal daripada produk yang tidak resmi namun “dipaksakan” untuk beredar disini melalui distributor tertentu.

Karena selain soal pajak dan jaringan service center, ternyata memang syarat untuk bisa mengedarkan gadget di Indonesia secara resmi atau sah itu juga cukup sulit dan berbelit, sehingga para vendor harus mengeluarkan biaya ekstra untuk itu. Salah satu syarat yang sulit itu adalah tentang aturan TKDN, yang secara tak langsung telah memaksa para vendor untuk melakukan perakitan produknya di Indonesia.
Gimana sob, sudah tahukan Tentang Garansi Distirbutor dan Garansi TAM untuk Smartphone Xiomi maupun merek lainnya?. Baiklah sekian untuk post kali ini semoga bermanfaat, dan mohon maaf jika ada salah kata. Jangan lupa share ya sob.

Disalin tanpa perubahan
//masadi.id
//techijau.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel