Cara Melaporkan Nomor Penipu Ke Operator Seluler Telkomsel, Xl, Indosat

Adapun catatan bagi sobat jika ada telepon masuk, sebaiknya kita hati-hati jika nomor tersebut tidak kita kenal. Biasanya si penipu tidak akan menyebutkan identitasnya. Jangan pernah kita menyebutkan nama kita atau menebak nama si penelepon, sekali kita menyebutkan nama kita atau menebak nama si penelepon maka kita masuk ke perangkapnya.

Ada juga si penelepon membuat suasana lain, misalnya dia menelepon seolah dia sedang berhadapan dengan polisi dan mengaku kena tilang. Adapula yang mengaku sebagai orang tua, kerabat terdekat kita, lalu mereka mengaku2 kerabat kita sedang ditahan dengan kasus penyelundupan narkoktika, dengan meminta pulsa sebagai dalih pembebasan kerabat.

Sekali lagi, jika mendapat telepon seperti itu jangan sekali-kali menebak nama si penelepon, tapi desak dia untuk menyebutkan identitasnya. Jika dia membrikan jawaban ngawur, berarti dia jelas penipu.

Selain itu, banyak cara yang dilakukan untuk menipu melalui telpon. Ada yang mengaku dari operator seluler dan kamu mendapat hadiah dan lain sebagainya.

Untuk itu silahkan laporkan nomor penipu tersebut ke operator seluler. Yup, operator seluler seperti telkomsel, xl, dan indosat menyediakan saluran untuk pelaporan penipuan.

Berikut cara melaporkan nomor telepon penipu ke operator seluler:

TELKOMSEL

  • Formatnya: penipuan#nomor si penipu#isilah SMS tipuan tersebut. Kirim ke nomor 1166
  • Contohnya: penipuan#081212345678#mengaku sebagai teman dan meminjam uang.
  • Kemudian silahkan kirim ke nomor 1166.

XL

  • Formatnya: lapor#nomor si penipu#isilah SMS tipuan tersebut. Kirim ke nomor 588

INDOSAT

  • Formatnya: SMS(spasi)nomor si penipu(spasi)isi SMS penipuan tersebut. Kirim ke nomor 726.
  • Jika ada beberapa pelaporan penipuan oleh nomor tersebut, maka operator akan memblokir nomor tersebut.

Dengan diblokirnya nomor penipu tersebut, setidaknya kita memutus tindakan penipuan dengan menggunakan nomor telepon tersebut.

Bisa jadi dari panggilan-panggilan telpon yang penipu lakukan, ada beberapa yang kena jebakan dan menjadi korban penipuan.

Oleh sebab itu kita harus selalu berhati-hati jika menerima telepon dari nomor dan orang yang tidak dikenal. Kenali trik dan cara si penipu yang melalui telpon sehingga kita tidak masuk jebakan dan menjadi korban penipuan. Mereka juga kerap menyebarkan SMS penipuan berkedok hadiah undian.

Sebarkan postingan ini jika merasa bermanfaat agar semua selalu berhati-hati dan tidak menjadi korban penipuan.

Disalin tanpa perubahan //bloggue.web.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel