Manfaat Dzikir Pagi dan Petang

Manfaat Dzikir Pagi dan Petang - Jika sobat sedang mencari manfaat atau faedah dari dzikir pagi dan petang sesuai sunnah, maka akan admin paparkan dibawah ini, jika sobat belum memiliki buku dzikir pagi petang sobat dapat mendownloadnya dalam format .pdf, sobat juga dapatdmembacanya didalam web seperti pada situs rumaysho, atau sobat dapat membelinya di toko buku terdekat banyak penerbit buku yang menerbitkan dzikir ini seperti pustaka imam syafii, dan banyak juga penyusun/penulis seperti Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas, dan lainnya. Faedah Dzikir ini di salin dari aplikasi Bekal Haji oleh Ustadz Firanda Andirja. Download juga E-book Doa dan Dzikir sesuai sunnah Karya Syaikh Prof. DR. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin al-Badr PDF

Perlu diketahui bahwa di antara dzikir dan doa yang disyariatkan bagi seorang muslim dalam sehari semalam adalah dzikir pagi dan sore, bahkan dzikir jenis ini merupakan dzikir yang terikat dengan waktu yang paling banyak disebutkan dalam dalil-dalil, baik konteks dalil tersebut adalah mendorong seorang muslim mengucapkannya maupun konteksnya menyebutkan macam-macam dzikir yang diucapkan pada dua waktu yang utama ini (pagi dan sore).

Baca selengkapnya https://muslim.or.id/29658-keutamaan-dzikir-pagi-dan-sore-1.html

Kebutuhan seorang hamba terhadap dzikir “mengingat Penciptanya” lebih dari kebutuhannya terhadap makanan dan minuman. Dengan mengingat-Nya, hati seorang hamba akan menjadi tenteram dan bahagia. Karena begitu banyaknya keutamaan dzikir, sampai-sampai Ibnul Qoyyim rahimahullah -dalam kitabnya al-Wabil as-Shoyyib- menyebutkan kurang lebih seratus keutamaan dan manfaat dzikir. Dan ternyata keutamaan dan manfaat tersebut tidak hanya berkaitan dengan manfaat keagaaman, bahkan berkaitan juga dengan manfaat duniawi.

6 Manfaat Dzikir Pagi Petang/Sore sesuai Sunnah

Pertama

Menjadikan seseorang tidak sibuk dengan dosa-dosa lisan, seperti ghibah, namimah, dan perkataan-perkataan yang sia-sia. Adapun di zaman kita sekarang, waktu yang kita gunakan untuk berdzikir dapat membantu memalingkan kita dari membaca berita-berita yang tidak jelas kebenarannya, yang sering kali isinya adalah kedustaan, pengadu dombaan, dan penanaman kebencian diantara kaum muslimin.

Kedua

Orang yang berdzikir (mengingat Allah) maka Allah akan mengingatnya. Allah berfirman
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ
Artinya:
“Karena itu, ingatlah engkau kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu” (Qs. Al-Baqoroh : 152).

Ketiga

Dzikir akan menenangkan hati dan jiwa serta menghilangkan kesedihan dan kegalauan. Adapun di zaman kita sekarang, dzikir dapat membantu kita menghilangkan dan mencegah stress. Hal ini merupakan manfaat yang sangat penting terutama di zaman sekarang ini.

Keempat

Dzikir akan memantapkan aqidah seseorang, mengingat banyaknya lafal-lafal dzikir pagi petang yang berisi tentang pengesaan Allah. Yang membuat Tauhid seorang hamba semakin kokoh di setiap pagi dan petangnya. Dengan tauhid inilah, akan hilang segala perkara yang ditakutkan dan dikawatirkan oleh seorang hamba.

Kelima

Dzikir pagi petang akan menguatkan seseorang dan menjadikannya sabar dalam menghadapi ujian kehidupan.
Allah berfirman :
فَاصْبِرْ عَلَى مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا وَمِنْ آنَاءِ اللَّيْلِ فَسَبِّحْ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ لَعَلَّكَ تَرْضَى
Artinya:
Maka bersabarlah engkau (Muhammad) atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum matahari terbit dan sebelum terbenam dan bertasbihlah(pula) pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang (Qs. Thaha : 130)

فَاصْبِرْ عَلَى مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ (39) وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَأَدْبَارَ السُّجُودِ
Artinya:
Maka bersabarlah engkau (Muhammad) terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya). Dan bertasbihlah kepada-Nya di malam hari dan setiap selesai shalat (Qs. Qoof : 39-40)

Keenam

Salah satu manfaat dzikir -diantaranya dzikir pagi dan petang- yaitu dzikir akan menjadi penjaga bagi seorang muslim. Betapa banyak keburukan yang sewaktu-waktu bisa menimpa seorang muslim, baik gangguan dari yang tampak maupun gangguan dari yang tidak tampak, seperti gangguan syaitan dan hasadnya orang-orang yang hasad.

Al-Imam Al-Qurthubi pernah berkata tentang salah satu bacaan dzikir pagi petang :
هذا خبَرٌ صحيحٌ وقولٌ صادق علمناه دليلَه دليلاً وتجربة، فإنِّي منذ سمعته عملت به فلم يضرَّني شيءٌ إلى أن تركته، فلدغتني عقربٌ بالمدينة ليلاً، فتفكرتُ فإذا أنا قد نسيت أن أتعوذ بتلك الكلمات
Artinya:
“Ini adalah hadits yang shahih dan perkataan yang benar, kami telah mengetahui argumentasinya, baik secara dalil maupun dengan pengalaman. Sesungguhnya semenjak aku mendengar dzikir ini akupun mengamalkannya, dan aku tidak pernah ditimpa dengan kemudorotan hingga sampai suatu ketika aku tidak membacanya, lalu akupun disengat kalajengking di malam hari di kota Madinah. Akupun merenungkan (sebab musibah yang menimpaku ini), ternyata aku lupa membaca doa berlindung kepada Allah dengan dzikir ini” (al-Futuhaat Ar-Robbaaniyah, Ibnu ‘Allan 3/100)

Itulah 6 manfaat/faedah Dzikir pagi dan petang/sore susuai sunnah nabi, semoga dapat membantu sobat, baik dalam tugas kiliah, sekolah atau lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Dzikir Pagi dan Petang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel