Pilihan Konsumsi Buah saat Haji dan Umroh

Pilihan Konsumsi Buah saat Haji dan Umroh - Menurut apa yang di tulis dalam laman Wikipedia Bahasa Indonesia, Haji (/hædʒ/;[1] Arab: حج‎ Ḥaǧǧ "ziarah") adalah ziarah Islam tahunan ke Mekkah, kota suci umat Islam, dan kewajiban wajib bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup mereka oleh semua orang Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan, dan dapat mendukung keluarga mereka selama ketidakhadiran mereka.[2][3][4]
1^ "Hajj". Random House Webster's Unabridged Dictionary.
2^ a b Long, Matthew (2011). Islamic Beliefs, Practices, and Cultures. Marshall Cavendish Corporation. hlm. 86. ISBN 978-0-7614-7926-0. Diakses tanggal 2 September 2014.
3^ Nigosian, S. A. (2004). Islam: Its History, Teaching, and Practices. Indiana: Indiana University Press. hlm. 110. ISBN 0-253-21627-3.
4^ Berkley Center for Religion, Peace, and World Affairs - Islam See drop-down essay on "Islamic Practices"

Ibadah haji merupakan ibadah yang menuntut kemampuan fisik dan mental yang baik, sehingga kondisi kesehatan calon Jemaah haji menjadi persyaratan mutlak dari pemerintah Indonesia sebelum ditentukan boleh tidaknya berangkat ke tanah suci.

Untuk mencapai kesempurnaan ibadah diperlukan kesehatan yang baik, oleh karenanya calon Jemaah perlu memperhatikan, menjaga, meningkatkan kesehatan jauh hari sebelum berangkat ke tanah suci, selama di tanah suci dan setelah pulang.

Pada prinsipnya semua buah buahan adalah baik, karena banyak mengandung air, serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Banyak jenis buah buahan yang tersedia dan dapat dibeli di tanah suci, namun kita harus cermat mengkonsumsinya agar terhindar dari penyakit atau kondisi kesehatan yang menurun karena salah mengkonsumsi buah, seperti terjadi diare atau menimbulkan asam lambung berlebih (gastritis/ maag)

Tips mengkonsumsi buah buahan selama menjalankan ibadah haji

  1. Pilihlah buah yang dapat menambah energi dan memulihkan stamina dengan cepat seperti kurma, pisang, anggur (termasuk kismis)
  2. Untuk menghindari berlebihnya asam lambung, konsumsi buah yang bersifat basa seperti kurma, papaya, pir, kiwi, pisang, apel, tomat, anggur (termasuk kismis)
  3. Untuk menghindari batuk, pilih buah dengan asam sitrat rendah, serat yang tidak terlalu kasar. Buah yang perlu diwaspadai dikonsumsi saat batuk seperti, jeruk, mangga, nanas, pisang, stroberi
  4. Bila kita mempunyai penyakit diabetes, konsumsi buah buahan baik jenis maupun jumlah tetap diperhatikan agar gula darah tetap stabil terkontrol
Itulah 4 Tips mengkonsumsi buah buahan selama menjalankan ibadah haji, semoga dapat bermanfaat bagi saudara yang akan menjalankan ibadah haji. Artikel ini disalin tanpa perubahan dari aplikasi Bekal Haji

Belum ada Komentar untuk "Pilihan Konsumsi Buah saat Haji dan Umroh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel