Teks Pidato singkat Kebersihan Lingkungan Sekolah

Kebersihan lingkungan sangatlah penting apalagi untuk anak anak yang masih awam dalam menjaga kebersihan. Salah satu keadaan yang sensitif bagi anak yakni Awal musim penghujan, dimana adanya air hujan yang menggenangi tempat tempat di lingkungan sekolah berpotensi sebagai tempat nyamuk Aedes Aegepty untuk berkembang biak.

Yang lebih bahaya lagi jika telur telur nyamuk tersebut ternyata mengandung virus dengue yang sangat berbahaya. Sehingga sekolah merupakan tempat yang perlu diwaspadai dalam penyebaran virus dengue ini. Bukan hanya ini saja sebenarnya masih ada banyak lagi contohnya penyebaran bakteri atau virus dari tempat yang kotor atau tidak bersih.

Untuk jenis sampah seperti botol bekas, ban bekas, kaleng cat maupun tempat yang mampu untuk menampung air sangat berpotensi sebagai tempat jentik jentik nyamuk Aedes Aegepty berkembang biak. Perlu kesadaran dari semua pihak yang ada di sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Pengurasan bak bak penampungan sebaiknya seminggu sekali dilakukan, menutup penampungan air jika ada, menyingkirkan sampah sampah seperti contoh di atas tadi.

Perlu diadakan kerja bakti secara rutin misal sehabis melaksanakan senam di hari yang sudah disepakati. Kewajiban siswa untuk melaksanakan piket di kelas masing perlu lebih ditingkatkan. Terlebih lagi perlu pengecekan tempat penampungan dispenser dan di belakang kulkas sebagai perindukan nyamuk di lingkungan sekolah. Baca Juga : Contoh Pidato HUT RI.

Penyuluhan tentang kebersihan lingkungan sekolah harus lebih ditingkatkan melalui pidato Pembina Upacara tiap hari Senin. Bisa juga pihak sekolah mengadakan lomba pidato tentang kebersihan lingkungan sekolah dengan peserta siswa sekolah tersebut. Di bawah ini adalah contoh pidato singkat tentang kebersihan lingkungan sekolah.

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah


Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah..
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru..
Serta teman teman sekolah yang saya banggakan..

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadiratNya karena atas hidayahNya kita diberi kesehatan untuk dapat bertemu dalam acara ini.

Sebelum kita memasuki lingkungan sekolah yang kita cintai ini sempatkan sejenak kita membaca slogan slogan yang ada tertulis di dinding sekolah kita. Salah satunya adalah “Bersih pangkal Sehat “. Jika ingin sehat salah satu yang harus kita laksanakan adalah kebersihan. Hendaklah slogan tersebut tidak hanya tertulis indah sebagai penghias dinding sekolah ini. Slogan tanpa perbuatan untuk merubah lingkungan menjadi lebih bersih tidaklah berguna.

Teman-teman yang saya cintai..

Lingkungan sekolah dikatakan bersih dan sehat adalah lingkungan yang layak untuk ditinggali atau dihuni kita untuk melaksanakan aktifitas kita dalam proses belajar mengajar. Lingkungan yang terlihat indah di mata dan nyaman ketika kita berada di dalamnya. Selain itu lingkungan sekolah kita sudah terlihat hijau dengan banyaknya tanaman di depan kelas masing masing maupun di halaman sekolah kita ini. Kembali saya mengingatkan kesadaran untuk bersih harus timbul dari diri kita sendiri, salah satunya adalah tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Walaupun pihak sekolah mempunyai tukang sapu, tugas kebersihan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan bekerjasama hal yang berat akan menjadi ringan bahkan menyenangkan. Sampah bisa membuat lingkungan sekolah yang kita cintai ini menjadi kotor, keliatan kumuh dan menjadi tempat berkumpulnya lalat. Selain terlihat tidak indah maka akan timbul bau yang tidak sedap sehingga membuat proses belajar mengajar di sekolah kita menjadi terganggu.

Pihak sekolah sudah menyediakan tempat sampah yang sudah terlihat indah dengan warna yang elegan. Perlu diingat tempat sampah yang ada juga bukan hanya pajangan di dalam sekolah kita. Tiap tong sampah sudah diberi tanda tulisan yang berbeda, ada tempat sampah untuk sampah organik dan ada tempat sampah untuk sampah yang anorganik /tidak bisa terurai. Dengan demikian proses memilah sampah lebih mudah dilakukan.

Setiap kelas memiliki jadwal piket yang harus ditaati oleh anggota kelas tersebut. Tanggung jawab kebersihan ini harus dimiliki oleh setiap anggota kelas tersebut. Mengapa harus ada jadwal piket tersebut ? Ketika kita melakukan kebersihan bersama sama akan membuat kita memiliki rasa memiliki sehingga kita akan berusaha menjaga supaya bersih dan membuat kita nyaman dalam belajar di dalam kelas.

Di awal musim penghujan ini ada hal yang perlu kita waspadai dengan munculnya kasus Demam Berdarah. Sudah ada beberapa teman kita yang masuk rumah sakit karena suspek Deman Berdarah ini. Telur telur nyamuk yang sejatinya sudah mengandung virus dengue ketika terkena air hujan kan menetas menjadi jentik nyamuk dan akan menjadi nyamuk dewasa di lingkungan sekolah kita ini. Tindakan untuk pemberantasan sarang nyamuk ini sangat mudah yaitu melalui 3 M Plus :

  • Menguras bak bak mandi di kamar mandi sekolah
  • Menutup penampungan air
  • Membuang/ mengubur tempat tempat yang berpotensi membuat genangan air hujan.

Selain itu gunakanlah lotion nyamuk ketika teman teman bersekolah dan perbanyak menanam tanaman pengusir nyamuk.
Merupakan kehormatan bagi sekolah untuk dapat menerima penghargaan Adiwiyata yang kedua tahun ini. Akhir kata bersama kita bisa menjaga lingkungan sekolah kita lebih bersih dan sehat.

Wa’alaikumus sallam wa rahmatullahi wabarakatuh.

Demikianlah contoh pidato singkat tentang kebersihan lingkungan sekolah yang bisa anda pidatokan di sekolah anda. Tidak ada salahnya untuk menyoroti hal yang sederhana terlebih dahulu karena sebenarnya hal ini sangatlah penting, dengan pemberian informasi jauh di awal akan membuat siswa siswi sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Tidak hanya di sekolah, dimana mana termasuk rumah ia akan berperilaku sama. Mastimon.com

Belum ada Komentar untuk "Teks Pidato singkat Kebersihan Lingkungan Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel